Tumbuhkan Ekonomi Kerakyatan, PT. TCM Salurkan Bantuan Bibit Coklat Kepada Warga

KBRN, Sendawar: PT. Turbaindo Coal Mining (TCM) menyalurkan bantuan Bibit Coklat kepada Masyarakat di Kampung Lotaq Kecamatan Muara Lawa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) tahun 2020 ini.

Bantuan Bibit Coklat itu diberikan sejalan dengan 8 Pilar Community Development Program yang dilaksanakn, salah satunya Pilar Kemandirian Ekonomi, guna bersinegi dengan Pemerintah Daerah sesuai Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 1824 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Public Relations Supervisor PT. TCM Kristinawati saat dikonfirmasi RRI Sendawar, Kamis (6/2/2020) menjelaskan bantuan bibit coklat yang diberikan sebanyak 2.000 bibit, dibagi kepada setiap kelompk yang ada di Desa Lotaq.

“Kalau kita sih punya Resntra (Resncana Strategis) itu harusnya bisa jadi produk, jadi bukan hanya menanam tapi harus ada produk nantinya. Hanya saja untuk tahapan pertama ini kita mulai dengan pengadaan bibit, penanaman dan perawatan dulu,”jelasnya

Untuk menuju restra tersebut, tambah Kristin pihaknya akan mempersiapkan masyarakat yang akan mengolah produk hasil coklat nantinya yang dimulai melalui skala Industri Rumah Tangga terlebih dahulu.

“Dalam masa-masa penanaman hingga perawatan itu kita juga akan mempersiapkan masyarakat yang akan mengolah dari hasil coklat tersebut, mungkin kita akan mulai dari skala industry rumah tangga dulu. Karena kita juga akan ada pelatihan pengolahan produk, disana mereka akan belajar, nanti mereka akan dibantu pengolahan produknya seperti apa. Nah karena kita sudah menanam coklat tahun ini mungkin dua atau tiga tahun ke-depan sudah ada buahnya dan mereka sudah siap untuk pengolahannya,”tambah Kristin

Langkah ini menurut Kristin merupakan bentuk dukungan PT. TCM terhadap program Pemerintah untuk mendorong industrialisasi terutama pada hilirisasi produk-produk pertanian dan ekonomi kreatif sehingga dapat menumbuhkan ekonomi kerakyatan yang bermuara pada kesejahteraan rakyat di Bumi Tanaa Purai Ngerimaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00