Terbesar di Kaltim dan Kaltara, Nominal Tabungan Simpel di Kubar Capai Rp15,1 Miliar

KBRN, Sendawar: Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) merupakan salah satu Program Pemerintah Pusat melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dijalankan bekerjasama dengan sejumlah Bank di Indonesia, salah satunya dengan PT. Bank Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Bankaltimtara).

Sejak peluncuran program Simpel, tahun 2015 lalu. Seluruh Cabang Bankaltimtara yang tersebar pada Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltim dan Kaltara, turut melaksanakannya. Dan saat ini tercatat, jumlah Nasabah dan Nominal tabungan Simpanan Pelajar terbesar, berada di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kaltim, yakni mencapai Rp15.121.067.949

“Untuk Program Simpel ini, Bankaltimtara Cabang Sendawar memang sebagai penghimpun terbesar antara seluruh cabang Bankaltimtara di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, baik dari segi Nomial maupun jumlah Nasabahnya. Jadi ada 400 Sekolah yang sudah bekerjasama dengan kita, tersebar di 16 Kecamatan, kemudian jumlah Pelajar yang menjadi Penabung sebanyak 14.566 orang. Dengan jumlah nominal tabungan Rp15 Miliar lebih,”kata Pimpinan Bankaltimtara Cabang Sendawar Kutai Barat, Yudhi Susatyo kepada RRI Sendawar, Sabtu (5/10/2019).

Disamping tingginya antusias pelajar, besarnya jumlah nomial tabungan Simpel di Kubar, lanjut Yudhi, karena strategi layanan pengambilan setoran (pick up service) dan sosialisasi yang intens dilakukan pihaknya. Didukung dengan jumlah jangkauan jaringan kantor yang sudah tersebar di 16 Kecamatan di Kutai Barat, yakni memiliki 7 Kantor Cabang Pembantu, 13 Kantor Kas, dan 17 jaringan ATM, serta 1 Mobile Service.

Kendati demikian, dalam melaksanakan Program Simpanan Pelajar di Kubar, Yudhi mengaku, masih menemukan kendala dilapangan. Dimana sebagian Sekolah lokasinya relatif jauh dari jaringan kantor Bankaltimtara terdekat.

“Untuk mengatasinya kami terus berkoordinasi dengan jaringan kami yang ada di Kecamatan, agar berkomunikasi dengan pihak Sekolah dan Siswa. Semaksimal mungkin kita melakukan Pick up Service. Tapi seandainya tidak memungkinkan, kita minta dari pihak sekolah untuk melakukan penyetoran secara berkala, apakah seminggu atau sebulan sekali. Kan biasanya ada Bendahara atau dari pihak sekolah yang tiap bulan harus mengambil gaji di Kantor Kami, jadi sambil mengambil gaji, mereka melakukan penyetoran tabungan dari Siswanya,”ungkapnya

Yudhi Susatyo berharap, Masyarakat di Kabupaten Kutai Barat, khususnya para Pelajar dapat memanfaatkan Program Simpel untuk menabung di Bankaltimtara Cabang Sendawar. Sejalan dengan tujuannya, dalam rangka membudayakan gemar menabung bagi masyarakat sejak usia dini dan merencanakan masa depan dalam hal biaya pendidikan.

Untuk diketahui, Bankaltimtara Cabang Sendawar mendapatkan Reward dari Kantor Pusat berupa 3 unit Mobil Simpel atas kinerjanya sebagai penghimpun tabungan simpel terbesar diantara seluruh cabang Bangkaltimtara, disamping pertimbangan kondisi geografis dan luasan jangkauan layanan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00