Tahun 2020, Kaltim Hanya Miliki 4 Desa Sangat Tertinggal

KBRN, Samarinda : Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Muhammad Nurdin memaparkan perkembangan ratusan desa yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, dimulai dari kategori desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju dan desa mandiri.

Hal ini dilakukannya pada saat acara Sosialisasi Peraturan Menteri Desa No 13 tahun 2020 dan Tentang Prioritas Penggunaa Dana Desa tahun 2021 yang berlangsung Hotel Harris Samarinda, Selasa (24/11/2020).

Nurdin menyoroti tentang adanya 4 desa yang masih dalam kategori sangat tertinggal di Kalimantan Timur, ia menyebutkan hal ini merupakan sebuah prestasi bagi Bumi Etam mengingat tahun 2016 lalu terdapat 294 kategori desa sangat tetinggal.

“Jadi ini prestasi bagi Kalimantan Timur sudah sampai saat ini hanya sisa 4 desa yang masih sangat tertinggal dan ini perlu sentuhan lagi bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk dana desa agar desa ini bisa menjadi desa berkembang, kita harus berupaya semua meski dalam masa pandemi seperti ini”kata Nurdin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Syirajudin mengatakan 4 desa itu memang merupakan wilyah terpencil dan sulit diakses oleh sejumlah pemangku kepentingan, namun dirinya optimis tahun depan 4 desa tersebut bisa masuk di kategori desa berkembang.

“Jadi 4 desa itu ada di Kutai Timur, Kutai Barat, Paser dan Mahakam Ulu. Daerah itu merupakan sulit memang untuk kesana karena akses / tapi kita akan terus berikan sentuhan kepada desa itu dan diberikan pebimbingan oleh para pedamping desa”ujar Syirajudin.

Disisi lain, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menegaskan terkait dengan 4 desa sangat tertinggal itu akan mengoptimalkan kinerja DPMPD Kaltim untuk mengubah kategori desa tersebut.

“Jadi itu daerah memang jauh, tapi sekarang sudah tau dan akan langsung bergerak dan jika bisa tahun ini langsung saja kita buat desa itu bisa berkembang, sehingga 2021 tidak ada lagi desa yang sangat tertinggal”tutur Hadi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00