Kejati Kaltim Tekan Kenakalan Remaja melalui Edukasi Hukum

KBRN, Sendawar: Kejaksaan Tinggi (Kejati) dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA / SMK / MA / SLB (TUNA DAKSA) Tingkat Kabupaten / Kota Tahun 2020.

Dalam lomba tersebut, para peserta menyampaikan makalah tentang hukum yang sudah dipersiapkan sebelumnya dihadapan para juri, kemudian sesi tanya jawab dan diakhiri dengan proses.

Khusus di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu), Kegiatan tersebut dipusatkan di Kabupaten Kutai Barat. Tepatnya, di Ballroom Hotel Grand Family, Rabu (21/10/2020).

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim, Supardi mengatakan,  kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran di 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur, dalam rangka mengedukasi pelajar agar tertib hukum, dengan harapan dapat menekan kenakalan remaja di Benua Etam.

“Ini merupakan sebuah kemasan untuk membimbing anak-anak agar sadar hukum, paling tidak bisa menjadi role model (Panutan) di sekolahnya masing-masing, bisa menjadi agen perubahan dibidang Hukum,”kata Supardi di Kubar

“Jadi, dari sekarang kita pancing mereka coba membaca masalah hukum, persoalan hukum. Dengan harapan, seandainya dia tertarik menjadi seorang sarjana hukum, benar-benar bisa diharapkan oleh Masyarakat. Yang pertama, menjadi role model dulu dilingkungan sekitar,”pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Pembinaan Pendidikan Khusus Disdikbud Kaltim Healtyana Marta Mou menjelaskan, dalam kegiatan ini panitia akan memilih 6 orang atau 3 pasangan pelajar dari daerah masing-masing yakni pasangan juara 1, 2 dan 3 untuk mengikuti Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

“Jadi pasangan juara satu, dua dan tiga di tingkat Kabupaten dan Kota ini yang nanti akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi. Kalau di Kaltim ada 10 Kabupaten/Kota, maka akan ada 30 pasangan atau 60 peserta yang akan berkompetisi di tingkat Provinsi,”jelasnya

Untuk diketahui, Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kabupaten Mahakam Ulu telah dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2020. Hasilnya, juara 1 (Satu) diraih oleh pasangan Julius Aldorus Ngo dan Victoria Julianti Siska Ubeq dari SMA Negeri 1 Long Bagun, dengan judul persentasi “Perspektif Generasi Milenial Sebagai Generasi Sadar Hukum ”.

Kemudian juara 2 (dua) pasangan Agata Tri Giovani Kerawing dan Steven Andrianus Mereng dari SMA Negeri 1 Long Bagun, dengan judul presentasi: “Perangi Korupsi Dengan Melibatkan Generasi Milenial”.

Berikutnya, juara 3 (tiga) pasangan Lidia Nahai dan Narendra Bagus Saputra dari SMA Negeri 1 Long Pahangai, dengan judul presentasi “Partisipasi Generasi Muda Dalam Kesadaran Hukum”.

Sedangkan untuk Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kabupaten Kutai Barat, akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2020.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00