Program P4GN Komitmen TNI Perangi Narkoba

KBRN, Sendawar: Anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Tes Urine Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dari Staf Intel Kodam (Sinteldam) VI Mulawarman pada triwulan ke-empat, di Aula Pierre Tandean Makodim 0912 Kubar, Selasa (20/10/2020).

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen jajaran TNI khususnya Kodim 0912 Kubar dalam melaksanakan program P4GN, guna memberikan contoh sekaligus memplopori masyarakat dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan Narkoba.

“Kita awali dari tubuh kita dulu sebagai aparat negara, aparat TNI, bahwa kita benar-benar terbebas dari Narkoba ini. Sehingga demikian, kita bisa menjadi contoh dan mempelopori masyarakat disekeliling kita,” Kata Dandim 0912 Kutai Barat, Letkol Anang Sofyan Effendi kepada awak media di Kubar.

Dandim 0912 Kubar Letkol Inf. Anang Sofyan Effendi mengikuti langsung Pemeriksaan Urine Anggota

Tes urine ini, lanjut Anang, diikuti 50 orang personil, dan rutin dilaksanakan setiap triwulan, untuk memastikan anggota Kodim 0912 Kubar terbebas dari penyalahgunaan Narkotika maupun psikotropika.

“Keseluruh Personil kita di Makodim ini ada sekitar 257 orang, namun untuk kegiatan ini kita ambil sampel secara acak. Jadi hari ini, kita ambil sampel 50 orang, nah apabila didapati anggota kita yang terbukti positif menggunakan narkotika ataupun psikotropika, akan kita tindak sesuai hukum yang berlaku, jadi tidak ada yang kita tutup-tutupi. Pasalnya sudah jelas, bahwa penggunaan Narkoba itu dilarang.”lanjutnya

Tidak hanya itu, Letkol Infantri Anang Sofyan Effendy menegaskan, tes urine ini dilaksanakan secara acak setiap triwulannya, mulai dari jajaran Makodim 0912 Kutai Barat, hingga Koramil jajaran.

Aula Pierre Tandean Makodim 0912 Kubar jadi Tempat yang di Pusatkan Untuk Melakukan Tes Urine Anggota setiap Triwulannya

Sehingga demikian, dapat dipastikan keakuratannya, karena setiap anggota tidak dapat memprediksi kapan akan menjalani tes urine. Dalam artian, jika ada yang bersentuhan dengan barang haram tersebut, akan ketahuan pada waktunya nanti dan dipastikan menerima ganjaran sesuai hukum yang berlaku.

Untuk diektahui, Kegiatan tersebut mendapat pengawasan langsung dari Staf Intel Kodam VI Mulawarman baik dari sisi sosialisasi maupun pengawasan pelaksanaannya.

Sementara untuk 50 anggota TNI yang menjalani tes urine hari ini, secara keseluruhan menunjukkan hasil Negatif atau bebas dari penyalahgunaan Narkoba.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00