TNI dukung Penanganan COVID-19 melalui Serbuan Teritorial

KBRN, Sendawar: Komando Distrik Militer (Kodim) 0912, bersama Kepolisian Resor (Polres) dan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar Apel Serbuan Teritorial dalam rangka Pendisiplinan Protokol Kesehatan, di Halaman Makodim 0912 Kubar, Rabu (14/10/2020).

Apel tersebut dipimpin Dandim 0912 Kubar Letkol Infantri Anang Sofyan Effendi, dihadiri Pejabat Sementara (Pjs) Bupati M. Syirajuddin, Kapolres Kubar di wakili Kasat Sabhara AKP Costa Siahaan, diikuti jajaran anggota TNI, Polri, BPBD, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kutai barat.

Serbuan teritorial ini merupakan, kegiatan yang digeler serentak oleh jajaran Kodim dan Koramil se-Kalimantan Timur (Kaltim) dibawah perintah Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman, guna membantu dan mengatasi penyebaran Covid-19 yang cenderung meningkat di Benua Etam, tidak terkecuali di Kabupaten Kutai Barat yang saat ini masuk dalam Zona Orange.

Dandim 0912 Kutai Barat Letkol Infantri Anang Sofyan Effendi saat melakukan patroli pendisiplinan protokol kesehatan bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktifitas

“Kalau transmisi lokal ini, kecil kita, karena kegiatan kita sehari-hari ini sudah memberikan efek kepada masyarakat, mereka sudah mentaati dan mematuhi anjuran protokol kesehatan. Namun yang menyebabkan jumlah kita naik hingga masuk dalam zona orange ini adalah input data,”Kata Dandim 0912 Kubar Letkol Infantri Anag Sofyan Effendi kepada RRI, usai kegiatan apel.

“Jadi walaupun mereka tinggal di luar Kutai Barat, tapi KTPnya domisili Kutai Barat tetap datanya diinput ke-Kubar, sehingga itu yang kebanyakan menyebabkan jumlah kasus kita meningkat. Kalau secara real, kasus transmisi lokal ini masih bisa kita sekat. Karena kegiatan kita sehari-hari bersama Polres dan jajaran Pemerintah sebenarnya sudah memberi efek,”tandasnya

Maka itu, melalui kegiatan Serbuan Teritorial ini, Ia optimis, bisa memberikan dampak yang lebih baik dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kubar. Apalagi hal itu dilakukan dengan kerjasama yang baik dan didukung oleh masyarakat, Kutai Barat bisa kembali ke Zona Hijau.

Tidak hanya menghadiri, Pjs Bupati M. Syirauddin juga turun langsung ke-lapangan usai apel serbuan teritorial di Jalan Sendawar Raya Kecamatan Barong Tongkok

“Secara angka, kemudian secara grafis di Kutai Barat saat ini memang terjadi peningkatan dari beberapa minggu yang lalu. Namun kita optimis, bisa kembali ke-zona kuning bahkan hijau, selama kita melaksanakan tugas penegakan protokol kesehatan ini dengan baik, didukung juga dengan kesadaran masyarakat tentang prorokol kesehatan dan senantiasa melaksanakan 3M, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan,”pungkasnya

Untuk diketahui, kegiatan Apel Serbuan Teritorial dalam rangka Pendisiplinan Protokol Kesehatan tersebut, dirangkaikan dengan pembagian 5.000 masker oleh Kodim 0912 bersama Polres, BPBD, Dishub dan Satpol PP hingga jajaran Koramil bersama Muspika se-Kabupaten Kutai Barat. Dilanjutkan dengan penyemoprotan disinfektan ke-sejumlah pasar dalam kawasan Ibu Kota Kabupaten.

Selin pembagian masker dan penyemprotan disinfektan tersebut, dalam waktu dekat, juga akan dilakukan kegiatan pembagian sembako kepada warga masyarakat yang terdampak Covid-19, baik di wilayah Kutai Barat maupun Mahakam Ulu (Mahulu) yang kini masih masuk dalam wilayah hukum  Kodim 0912 Kubar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00