Bhakti Sosial Jadi Kegiatan HUT Pramuka ke-59 di Kubar

KBRN, Sendawar : Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Kutai Barat (Kubar), tidak menggelar kegiatan upacara dan perlombaan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-59, tahun 2020 ini.

Hal itu karena wabah virus jenis baru covid-19 yang belum usai, sehingga protokol kesehatan-pun harus diutamakan demi keamanan bersama.

“Karena kegiatannya menyesuaikan dengan kondisi covid-19 ini, kami mengalihkan kegiatan dari upacara ke-kegiatan sosial, seperti membersihkan lingkungan perkantoran sambil menyapu jalanan, itu kemarin. Kemudian hari ini bagi 200 masker ke Kantor-kantor dan pasar di pagi harinya, kemudian sorenya donor darah. Itu kegitan penutupan kita di HUT pramuka tahun ini.”Kata Ketua Kwarcab Pramuka Kubar Yakobus Yamon kepada RRI di Sendawar, Jumat (14/8/2020)

Anggota Pramuka Kubar Membagikan Masker kepada Warga di salah satu pasar dalam kawasan ibu kota Kabupaten

Hanya saja, lanjut Yamon, khusus untuk kegiatan donor darah, pihaknya baru bisa menyumbang 6 kantong darah, karena banyaknya anggota yang tidak bisa melakukan transfusi darah, terkendala dari segi kesehatan dan lain sebagainya.

“Yang bisa transfusi hanya enam orang, karena yang lain terkendala karena ada yang tekanan tinggi, ada yang baru selesai operasi, dan halangan lain, sehingga setelah di cek tidak bisa donor dan bisanya hanya enam orang,”ungkapnya

Kendati demikian, Ia berharap seluruh kegiatan bhakti sosial yang dilakukan dapat membantu dan meringankan beban semua pihak, terutama pasien yang membutuhkan transfusi darah di RSUD HIS Kutai Barat.

Kegiatan Pembersihan Jalan di Area Perkantoran Pemerintahan Kutai Barat oleh Anggota Pramuka Kubar

Kegiatan sosial ditengah pandemi Covid-19 ini, tambah Yamon memang menjadi salah satu kegiatan yang cukup rutin digalakkan Kwarcab Pramuka Kubar selama pandemi ini, untuk mendukung Pemerintah dalam penanganannya.

Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya telah mengagendakan pelaksanaan kegiatan penyemprotan disinfektan menyasar warga masyarakat yang terdampak virus tersebut.

Maka itu, Ia menghimbau kepada seluruh jajaran Pramuka di Kutai Barat agar tetap semangat mengobarkan jiwa pramuka dan senantiasa melaksanakan Dasa Darma dan Tri Satya pramuka, menuju hari esok yang lebih baik dari pada hari ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00