Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Dapat Diskon Hingga 30 Persen

KBRN, Sendawar : UPTD. Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD), Bapenda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) telah melaksanakan program relaksasi atau keringanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), guna meringankan beban masyarakat ditengah masa pandemi Covid-19, kurang lebih selama dua bulan sejak tanggal 2 Juni hingga 31 Juli 2020 lalu.

Namun demikian, mengingat kondisi Covid-19 yang belum usai serta masih minimnya animo masyarakat mengikuti program tersebut, maka Pemerintah Provinsi melalui UPTD. PPRD Bapenda Kaltim wilayah Kubar, memperpanjang program relaksasi hingga tanggal 30 September 2020 mendatang.

“Kalau kita hitung antara potensi tunggakan dibandingkan realisasi sampai kemarin itu masih sangat minim. Jadi jumlah kendaraan yang menunggak di Kutai Barat ini hampir 57 ribu lebih, kemudian dengan adanya relaksasi ini, baru sekitar 1.800-san yang membayar pajak kendaraannya,”kata Kepala UPTD. PPRD Bapenda Kaltim wilayah Kubar Akhmad Sarkawi kepada RRI Sendawar, Rabu (5/8/2020).

Ditambahkan, sasaran dalam program relaksasi ini adalah masyarakat yang memiliki tunggakan pembayaran pajak kendaraan roda dua dan roda empat atau tidak berlaku bagi masyarakat yang patuh membayar pajak.

Kepala UPTD. Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD), Bapenda Provinsi Kalimantan Timur wilayah Kabupaten Kutai Barat Akhmad Sarkawi

“Sasarannya adalah masyarakat yang memiliki kendaraan roda dua dan roda empat yang memiliki tunggakan, dalam artian relaksasi ini tidak berlaku bagi wajib pajak yang tidak memiliki tunggakan, artinya mereka normal saja karena mereka patuh pajak. Jadi program ini kita berikan khusus kepada mereka yang memiliki tunggakan,”tambah Sarkawi

Sarkawi menyebutkan, Sesuai Pergub Kaltim Nomor 31 Tahun 2020 tentang keringanan denda PKB dan pembebasan sanksi administrasi, berupa denda maupun bunga. Maka wajib pajak yang memiliki tunggakan akan diberikan diskon pembayaran pajak hingga 30 persen dari total pembayaran normal sesuai jenis kendaraan.

“Yang menunggak satu tahun dapat diskon 10 persen, kemudian dua tahun dapat diskon 15 persen, tiga tahun 20 persen, empat tahun diskon 25 persen dan terakhir yang menunggak sampai lima tahun dapat diskon 30 persen. Kemudian ditambah pembebasan administrasi denda dan bunga,”pungkasnya

Sarkawi menambahkan, untuk pelayanan pajak kendaraan bermotor ini dapat di lakukan di Kantor mitra layanan Samsat seperti di Penggadaian, PT. Pos Indonesia, Payment Point dan Bankaltimtara. Atau bisa juga dilakukan melalui E-Samsat Pegadaian, PT.Pos Indonesia, Bankaltimtara, Bank Mandiri, Bank BNI 46 dan E-Samsat BTN.

Sehingga demikian, bagi masyarakat, terutama yang tinggal jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten tidak perlu khawatir harus datang ke-UPTD. PPRD Dispenda Kaltim Wilayah Kubar, karena bisa dilakukan melalui mitra layanan Samsat terdekat di Wilayah Masing-masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00