Besok, Masjid di Kukar Wajibkan Jamaah Sholat Ied Pakai Masker

KBRN, Tenggarong : Masjid terbesar di Kabupaten Kutai Kartanegara Jumat (31/7/2020) Besok memastikan  menggelar sholat Idul Adha 1441 H. Meski Kutai Kartanegara masuk dalam zona merah penyebaran covid 19, Kementerian Agama setempat memperbolehkan pengurus masjid melaksanakan Ibadah Sholat Ied berjamaah.

Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong H Djuremi kepada RRI mengatakan pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan Covid 19 seperti menyiapkan sarana mencuci tangan, mengatur shaf sholat sesuai jarak aman, serta melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh sudut masjid.

Pengelola menurutnya akan membuka 3 pintu masuk dimana setiap pintu ditempatkan petugas jaga yang akan mengukur suhu tubuh setiap jamaah yang datang.

"Semua jamaah Kita periksa suhu tubuh, kalau diatas 38 derajat, Kita minta pulang untuk sholat di rumah", kata H Djuremi Kamis (30/7/2020).

Tahun ini, kapasitas Masjid Agung  terpaksa dikurangi 50 persen dari kemampuan masjid menampung jamaah. Daya tampung masjid bisa mencapai 3 ribu jamaah sementara pada pelaksanaan sholat Ied Tahun ini Pengelola terpaksa membatasi jamaah maksimal hanya 1.500 orang guna menghindari jamaah berkerumun.

"Sudah kita beri tanda, jadi Jamaah kita minta untuk mengikuti shaf yang menjaga jarak aman dan pakai masker", lanjutnya lagi.

Selain itu pengelola juga akan memfungsikan halaman parkir untuk tempat pelaksanaan sholat bagi masyarakat.

Sementara itu, hingga Kamis (30/7/2020) Petang jumlah kasus terkonfirmasi Covid 19 mencapai 206 kasus dengan penambahan 10 kasus baru dan 1 pasien dinyatakan sembuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00