Semarakkan HUT RI Ke-75 dengan Umbul-Umbul dan Bendera Merah Putih

KBRN, Sendawar: Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari pembentukan panitia hingga beberapa kali menggelar rapat pertemuan guna membahas pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 ini.

Peringatan HUT RI ke-75, tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena bangsa Indonesia termasuk Kabupaten Kutai Barat tengah dihadapkan dengan bencana non-alam Covid-19.

Tidak ada kegiatan perlombaan, pameran dan lain sebagainya, bahkan untuk upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan-pun diagendakan berlangsung dengan sederhana, dimana undangan dan peserta upacara dibatasi dan tetap mengutamakan protokol kesehatan.

“Jadi untuk undangan, kita hanya melibatkan Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Wakil, Pimpinan Instansi Vertikal, Sekda dan Asisten. Kemudian pesertanya tiga peleton dari TNI, Polri dan Satpol PP, itupun hanya diwakili 10 orang dari masing-masing instansi. Pengibar bendera juga hanya tiga orang, kita laksanakan di halaman kantor Bupati,”Kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Kubar Hendrita Teofila, saat ditemui RRI Sendawar diruang kerjanya, Kamis (30/7/2020).

Sementara untuk, Kepala dan jajaran pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Pemerintah Kecamatan mengikuti upacara detik-detik proklamasi dan penurunan bendera Merah Putih secara virtual melalui siaran streaming yang difasilitasi oleh bagian Humpro dan Diskominfo Kabupaten Kutai Barat.

“Jadi diharapkan jajaran OPD hingga Pemerintah Kecamatan di Kutai Barat mengikuti upacara bendera secara virtual, yang nanti difasilitasi oleh bagian Humas dengan Kominfo Kubar. Nah setelah upacara di Daerah, kita juga akan mengikuti upacara detik-detik proklamasi dari Istana Negara. Nanti pelaksanaannya di gedung ATJ,”lanjut Teofila

Hal itu menurutnya, merujuk pada surat edaran Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI dan Surat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) prihal Pedoman, dan penyempurnaan penggunaan tema dan logo serta partisipasi menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahu ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020.

“Jadi berdasarkan SE Mensesneg dan Gubernur Kaltim tersebut, Bupati Kutai Barat juga sudah mengeluarkan edaran, agar seluruh OPD maupun masyarakat untuk memasang umbul-umbul, dekorasi dan hiasan lainnya mulai tanggal 1 juli hingga 31 Agustus. Kemudian memasang bendera merah putih secara serentak mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2020,”tambahnya.

Selain itu, pada detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus, seluruh masyarakat diharapkan untuk menghentikan aktifitas sejenak untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

“Jadi pada tanggal 17 Agutus itu, mulai pukul 10.17 sampai pukul 10.20 WIB, atau selama tiga menit, seluruh masyarakat indonesia berdiri tegap mengumandangkan lagu Indonesia Raya secara serentak di berbagai lokasi hingga plosok daerah, mengacu pada edaran dari Kementerian itu,”pungkasnya.

Untuk diketahui, Tema HUT RI ke-75 tahun 2020, yakni “Indonesia Maju”. Dari tema tersebut Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mengangkat Sub Tema “Dengan semangat proklamasi 17 Agustus 1945, kita tingkatkan Sumber Daya Manusia, Inovasi, serta Potensi Daerah agar Semakin Produktif menuju Indonesia Maju untuk Mewujudkan Hari Esok Yang Lebih Baik Dari Pada Hari Ini”.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00