Zona Merah, Kemenag Kukar Izinkan Masjid Gelar Sholat Ied

KBRN, Tenggarong : Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Kementerian Agama (Kemenag) Kukar memperbolehkan adanya salat Idul Adha yang jatuh pada Jumat (31/7/ 2020) Besok Lusa.

Kepala Kemenag Kukar Muhtar mengungkapkan berdasarkan hasil koordinasi pihaknya dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar dan Bupati Kukar Edi Damansyah salat Idul Adha tetap dapat dilaksanakan namun dengan beberapa catatan, di antaranya seluruh masjid dan mushala wajib menerapkan protokol kesehatan standar covid-19, seperti menyediakan tempat cuci tangan atau handsanitizer, menggunakan masker, dan mengecek suhu tubuh.

“Serta menyertakan petugas dari satgas masing-masing tempat dan juga petugas kesehatannya,” katanya, Rabu (29/7/2020).

Dia menambahkan, sedangkan untuk shaf salat juga akan diatur sesuai keadaan masjid atau langgar masing-masing, tapi diusahakan diberi jarak sesuai penerapan sosial distancing.

“Yang terpenting cuci tangan sama tes suhu tubuh,” tuturnya.

Sementara itu, untuk kegiatan salat ied yang menggunakan lokasi outdoor seperti lapangan atau halaman luas, diakuinya, belum ada laporan masuk terkait adanya rencana kegiatan yang menggunakan lokasi outdoor.

Namun, jika pada Idul Adha ada kegiatan salat Ied di tempat terbuka, Kemenag menurutnya memperbolehkan dengan jumlah jemaah yang tidak terlalu banyak.“Tapi sejauh ini belum ada informasi masuk ada yang mau salat di lapangan,” ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00