Bawaslu Kubar Anggarkan Rp900 Juta untuk Pengadaan APD

KBRN, Sendawar: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan pergeseran anggaran untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan Vitamin kepada petugas dilapangan, dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2020, ditengah pandemi Covid-19.

“Jadi, sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), kita tidak ada minta penambahan, tapi kita melakukan pergesaran anggaran, misalnya seperti kegiatan Rakor, kemudian sosialisasi yang belum kita laksanakan yang sifatnya full day atau fullboard, itu kita geser untuk APD,”kata Ketua Bawaslu Kubar kepada RRI Sendawar, Kamis (18/6/2020).

Berdasarkan pergesaran yang terjadi, lanjut Risma, jumlah anggaran yang disiapkan untuk pengadaan APD, termasuk Vitamin bagi personil Bawaslu Kabupaten, Panwascam, Pengawas Kampung dan Pengawas TPS sekitar Rp900 juta.

“Kemarin kita susun sekitar Rp900 juta, itu merupakan hasil pergeseran pemangkasan beberapa kegiatan yang kita lakukan sesuai juknis dari Bawaslu RI. Jadi dari sisi rancangan anggaran, kami dari Bawaslu tidak ada masalah,”lanjutnya

Ketua Bawaslu Kabupaten Kutai Barat Risma Dewi

Ia menambahkan, untuk mekanisme pengadaan APD tersebut, saat ini sedang dikoordinasikan sambil menunggu pencairan anggaran dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah untuk pelaksanaan Pilkada tahun ini.

Terkait kondisi pandemi yang belum usai, Risma Dewi menghimbau kepada para petugas dilapangan agar senantiasa menjaga diri dan rutin memeriksa kesehatan, mengingat Bawaslu Kubar juga tetap malakukan monitoring setiap harinya.

“Kepada petugas agar memonitor kondisi mereka sendiri. Karena semaksimal mungkin, selain mempersiapkan APD dan daya tahan tubuh, kami juga ada istilahnya monitoring per-hari terkait kondisi mereka, dimana setiap sekretariat harus memonitoring anggotanya yang ada di lapangan. Jika ada gejala, segera melapor untuk ditindak lanjuti tanpa ada tambal sulam kegiatan dilapangan,”himbaunya.

Untuk diketahui, beberapa jenis APD yang dianggarkan oleh Bawaslu Kubar yakni Masker, Sarung Tangan, Pelindung Wajah, Hazmat Protection Suite. Termasuk Hand Sanitizer dan Penambah daya tahan tubuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00