Ikuti Edaran Gubernur, Muslim Kubar Dianjurkan Salat Ied di Rumah

KBRN, Sendawar: Sebelumnya umat muslim di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diperbolehkan menggelar Salat Ied di Masjid atau Rung Terbuka dengan mengutamakan protokol kesehatan, sesuai putusan rapat yang dilaksanakan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kementerian Agama, MUI, NU, Muhamaddiyah, Pengurus Masjid, dan Stakeholder lainnya di Wilayah tersebut pada tanggal 18 Mei 2020.

Namun bersamaan dengan pelaksanaan rapat tersebut, Gubernur Kalimantan Timur mengeluarkan Surat Edaran nomor: 300.1/3264/BPPOD.1 Tentang Pengamanan dan Penegakan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Dimana salah satu poin dari surat edaran itu yakni, menyarankan agar umat muslim melaksanakan Salat Ied di Rumah.

Maka, menindaklanjuti edaran gubernur itu, Forkopimda, Kementerian Agama, MUI, Pimpinan Ormas Islam, FKUB, Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Kutai Barat dan stakeholder lainnya kembali menggelar rapat koordinasi, di ruang diklat lantai III Kantor Bupati Kubar, Kamis, (21/5/2020).

Surat Edaran Gubernur Kaltim Tentang Pengamanan dan Penegakan Protokol Kesehatan

Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah

Hasilnya, disepakati bahwa, mengikuti Edaran Gubernur tersebut, yakni agar sebaiknya kaum muslim melaksanakan salat ied di rumah pada hari raya lebaran tahun 2020 ini.

“Jadi, sesuai surat edaran Gubernur itu, disarankan agar salat ied dilaksanakan di rumah masing-masing, karena dibenarkan berdasarkan fatwah  majelis ulama, baik Pusat maupun Provinsi. Jadi bukan melarang, tapi dianjurkan, kalau melarang itu tidak boleh, itu dosa karena sudah sunnah muakkad. Tapi karena kondisi ini darurat, disarankan melaksanakan di rumah, menghindari terjadinya kerumunan orang banyak. Jadi dapat dilaksanakan dirumah karena tidak melanggar hukum syariat agama,”Kata Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan saat dikonfirmasi RRI usai rapat tersebut.

Selanjutnya : Ikuti Edaran Gubernur, Muslim Kubar Dianjurkan Salat Ied di Rumah

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00