DPC PDIP Kubar Lakukan Penyemprotan Disinfektan Cegah Penularan Covid-19

KBRN, Sendawar: Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sejumlah Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melakukan kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) penyemprotan Disinfektan ke rumah-rumah warga dan fasilitas umum seperti Gereja, Lamin Adat, dan Pasar serta Kantor dan Balai Pertemuan Umum Pemerintahan Desa/Kampung dalam Kawasan Ibu Kota Kabupaten, Jumat (3/4/2020).

Pantauan RRI dilapangan, sejumlah Kampung yang menjadi sasarann Penyemprotan tersebut yakni di deretan Rumpun Asa, diantaranya Kampung Gemuhun Asa, Gleo Asa, Muara Asa, Ongko Asa, Juaq Asa dan Kampung Asa.

Ketua DPC PDIP Kubar FX Yapan mengatakan, bahkti sosial ini merupakan semangat gotong royong yang dilakukan untuk mewujudkan program gerakan 3 pilar partai yakni Struktural, Legislatif, dan Ekskutif. Khususnya dalam memberikan motivasi dan dukungan kepada Masyarakat dalam rangka menanggulangi penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang saat ini tengah mewabah di Indonesia.

“Dari tiga pilar ini kita memberikan dukungan kepada masyarakat, memotivasi masyarakat agar mereka mau disiplin, mau berbuat seperti apa yang kita lakukan ini. Mereka bisa mengolah bahan-bahan semprot ini dan itu sudah kita berikan kepada mereka supaya bisa melakukannya mandiri, untuk mereka berjaga, paling tidak menjaga rumah mereka masing-masing agar Kutai Barat terhindar dari virus corona ini,”katanya

Pria yang juga menjabat sebagai Bupati Kubar itu menambahkan, kegiatan bahkti sosial ini akan dilakukan menyisir seluruh Kecamatan yang ada di Kutai Barat, melibatkan struktur partai mulai dari Pengurus DPC, Pengurus Anak Cabang (PAC), Ranting hingga ke Anak-Anak Ranting. Dengan harapan masyarakat dapat termotivasi untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat ditengah wabah corona.

“Kita ingin masyarakat kita ini betul-betul bisa menerapkan pola hidup yang sehat, rajin cuci tangan dan sebagainya. Bila perlu, kita sudah himbaukan agar mereka minum jamu-jamu tradisional seperti jahe, sirih, jeruk dan sebagainya untuk menjaga kekebalan tubuh kita ini. Kita harus lakukan itu, untuk menjaga system imun kita terhadap virus ini,”tambah Yapan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kubar Lusia Ipin, menegaskan Covid-19 merupakan wabah yang luar biasa, menyebar ke-ratusan Negara di Dunia. Sehingga wajib bagi setiap orang untuk tetap waspada namun tidak panik serta mengikuti anjuran Pemerintah agar terhindar dari wabah Virus tersebut.

“Dari DPRD sendiri yang sudah kita lakukan terutama mengedukasi masyarakat agar menggunakan masker saat bepergian keluar rumah. Kemudian kalaupun misalnya kami harus melakukan rapat tentu kita menjaga jarak antara satu dengan lainnya. Bahkan beberapa hari yang lalu kita DPRD mengambil inisiatif kita sama-sama iuran membantu dana untuk pengadaan Alat Pelindung Diri bagi tenaga medis di Kubar,”tandasnya

Sementara itu, Kepala Kampung Juaq Asa, Adriaus menyampaika terimkasih kepada Pemerintah dan DPRD, khususnya kepada DPC PDIP Kubar yang sudah ambil andil dalam mendukung gerakan penanggulangan Covid-19 di Negeri ini.

Karena menurutnya, selain sangat membantu masyarakat, juga dinilai sudah memberikan contoh kepada Partai Politik lainnya untuk turut berbuat dalam upaya kemanusiaan ini, demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Ini merupakan program yang luar biasa membantu untuk mensterilkan kampung kita dari virus corona. Mungkin baru kali ini kita rasakan program secara khusus dari partai-partai yang turut peduli terhadap kampung, disamping program pemerintah seperti himbauan-himbauan dan lain sebagainya untuk menanggulangi virus ini,”ungkapnnya.

Adrianus berharap melalui gerakan seluruh eleman termasuk kesadaran dari masyarakat sendiri dapat menanggulangi penyebaran Covid-19, sehingga penyebarannya tidak meluas. Dan masyarakatpun dapat beraktifitas kembali seperti sedia kalanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00