Tol Samarinda Bontang Dibangun Menggunakan Dana Investasi

KBRN, Samarinda : Pembangunan jalan tol Samarinda-Bontang  yang rencananya akan dilaksanakan tahun ini tidak semulus yang direncanakan. Sebab, pembangunan jalan bebas hambatan ke dua di Kalimantan ini nantinya akan melalui hutan lindung Bontang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim, Taufiq Fauzi mengungkapkan, sepanjang 17 kilometer jalan tol Samarinda-Bontang akan melalui hutan lindung.

Persoalan tersebut menurut Taufik, telah disampaikan olehnya pada dokumen pra desain pembangunan jalan tol Samarinda-Bontang kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beberapa waktu lalu.

Sementara untuk dari sisi pembiayaan, pembangunan Jalan Tol Bontang Samarinda dipastikan tidak menggunakan dana APBD Kaltim. Tetapi menggunakan dana Investasi dari investor.

“Sesuai dengan perkataan Pak Gubernur semua menggunakan dana investasi pembangunannya, jadi tidak ada menggunakan dana APBD kita”ujar Taufik saat dikonfirmasi memalui via telpon, Senin (13/1/2019).

Mengambil pengalaman pembangunan jalan tol di Sumatera, Taufiq menuturkan, pembangunan jalan tol diserahkan kepada Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk mendukung segera dilaksanakannya pembangunan jalan tol Samarinda-Bontang, Taufiq menyebutkan, Dinas PUPR Kaltim telah menyerahkan pra desain pembangunan jalan tol ini kepada Kementerian PUPR.

Pengambil-alihan kewenangan oleh pemerintah pusat ini, disebutkan Taufiq, salah satunya adalah studi latap, yakni study yang berisikan tentang jumlah kebutuhan lahan. Kemudian, termasuk pula didalamnya penyelesaian masalah sosial saat pelaksanaan pembangunan jalan tol.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00