70 Makam TPU Damanhuri Longsor, Keluarga yang terdampak menyatakan siap bergotong royong menurap

tpu_damanhuri.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN, Samarinda :Intesitas  Hujan deras  yang mengguyur Kota Samarinda beberapa hari terakhir mengakibatkan tanah di makam TPU Damanhuri longsor.

Tanah longsor di kawasan pemakaman muslim itu  membuat puluhan makam rusak yang berada di Jalan Damanhuri, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda. Sabtu Dini Hari.

longsor di TPU Damanhuri tersebut bukanlah pertama kali terjadi. Diketahui pada 2017 silam juga telah terjadi hal serupa yang menyebabkan 15 makam rusak.

Sementara itu, beberapa pihak keluarga terdampak, memastikan kerusakan makam yang terjadi akibat longsor dengan mendatangi lokasi.

Dan beberapa keluarga lain belum mengetahui karena faktor tempat tinggal yang jauh.

 Menurut Warga Bengkuring  Sutatik warga yang keluarganya di makamkan di TPU tersebut,  siap melakukan urunan untuk membangun turap di sekitar pemakaman.

“ pihak keluarga siap jika diminta untuk melakukan gotong-royong memperbaiki makam”,Tegasnya Selasa, (19/1/2021) Sore.

Sementara, Lurah Sungai Pinang Dalam Samarinda, Hadriansyah menyebut kerusakan puluhan makam tersebut tidak terlalu parah. Sebab, tidak ada temuan jenazah yang tercecer akibat longsor.

longsor di TPU Damanhuri bukan baru kali ini terjadi. Hal serupa pernah terjadi pada Awal Juni 2017. Saat itu, ada 15 makam yang terdampak,

“kondisinya rusak parah. Beberapa nisan hilang tertimbun material longsor.  "Tapi perlu ada makam yang dibongkar dan dibangun kembali karena rusak.”terangnya di Kantor Lurah di Jalan Lambung Mangkurat.

Hadriansyah mengaku sudah melapor kejadian tersebut ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Ia meminta Pemkot Samarinda mengantisipasi akan longsor susulan. Mengingat, intensitas hujan di Samarinda dalam beberapa hari ke depan masih cukup tinggi.

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Ridzki Multianatha
  •   Tanggal : 19 Jan 2021

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00