Kurang dari 24 Jam, Pelaku Curat Diringkus Reskrim Polres Kubar

KBRN, Sendawar: Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) berhasil meringkus dua orang pelaku Pencurian dengan Pemberatan (Curat) dengan modus pecah kaca mobil kurang dari 24 jam, setelah menerima laporan dari korban tanggal 15 Oktober 2020.

Kepolres Kutai Barat, AKBP Irwan Yuli Prasetyo, didampingi Wakapolres, Kompol I Nyoman Wijana dan Kasat Reskrim, Iptu Iswanto dalam keterangan persnya, Rabu (28/10/2020) mengungkapkan, kejadian tersebut bermula ketika korban mengambil uang sejumlah Rp50.000.0000 di Bank BRI Business Centre Tinggi Diraja, Kecamatan Barong Tongkok.

Dari sana, lanjut Kapolres, korban dibuntuti hingga tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP), depan Studio Foto Ganesa Jl. Gajah Mada Kecamatan Barong Tongkok. Di TKP tersebut, kedua Pelaku beraksi setelah korban meninggalkan mobil untuk membeli barang di Toko Belawa, dengan cara memecahkan kaca mobil korban menggunakan obeng.

Reka Adegan, Ketika Tersangka IR memulai aksinya dari sisi sebelah kanan mobil korban

“Jadi pola yang digunakan pelaku dalam kasus operandi pecah kaca ini menggunakan obeng. Sistemnya, mereka melakukan mobiling ke-tempat yang kira-kira gampang dilakukan aksinya. Kemudan pada saat mereka mengetahui ada korban yang mengambil uang, itulah yang terus dibuntuti dan di profiling sama mereka,”lanjutnya.

Kasus ini menurut Kapolres, baru pertama kali diungkap di Kutai Barat, dan terus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan apakah ke-kedua pelaku ini pernah melakukan tindak kejatahan yang sama di tempat atau daerah lain selain di Kubar.

“Nanti akan diungkap lebih lanjut, apakah pelaku ini punya TKP lain selain di Kutai Barat. Kalau memang ada TKP lain, akan kita kembangkan dan kita limpahkan ke-Polda atau Polres-Polres yang punya TKP. Jadi pelakunya ini bukan orang lokal, atau dari Bekasi. Tapi, Reskrim mampu mengungkap kasus ini dengan cepat, dan Ini sebuah prestasi yang luar biasa bagi Polres Kutai Barat umumnya juga Reskrim khususnya,”pungkas Kapolres AKBP Irwan Yuli Prasetyo.

Reka Adegan, Tersangka IR berhasil memecahkan kaca dari sisi kiri pintu mobil korban

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Kubar Iptu Iswanto menerangkan, ke-dua pelaku yakni (IR) dan (S) kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan mendekam di Rutan Polres Kubar guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Jadi sampai saat ini, kasus curat dengan modus pecah kaca ini masih dalam tahap pemberkasan, pemeriksaan saksi-saksi, barang bukti dan nanti dalam waktu dekat kita akan limpahkan ke pihak Kejaksaan untuk kita tahap satukan sampai proses penuntutan hingga putusan di pengadilan nantinya,”terang Iptu Iswanto.

Untuk diketahui, barang bukti yang telah diamankan atas kasus pencurian dengan modus pecah kaca ini diantaranya, Satu buah Tas Ransel merk POLO J.J warna hitam, kemudian, 1 Unit Mobil Suzuki Carry jenis Pick Up warna hitam, dan 743 Lembar pecahan uang tunai Rp50.000 atau total Rp37.150.000, (sisa dari total uang korban, karena sempat dibelanjakan oleh ke-dua pelaku).

Akibatnya, tersangka IR dan S terancam hukuman lebih dari 5 tahun kurungan penjara sesuai pasal 363 ayat 1 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan atau Curat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00