Bahasa Indonesia Diajarkan Pada Sekolah Internasional Swasta Terbesar di Canberra

Dubes Siswo Pramono berdialog dengan siswa siswi Canberra Grammar School dalam Bahasa Indonesia. (Dok KBRI Canberra)

KBRN, Samarinda - Canberra Grammar School (CGS), Australia memberikan pelajaran bahasa Indonesia untuk siswanya. Di sekolah ini mereka belajar Bahasa Indonesia selama dua tahun

Melansir dari CNN.com, CGS merupakan salah satu sekolah swasta terbesar di Canberra dengan jumlah murid mencapai 1.800 orang yang terdiri dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. CGS juga merupakan sekolah internasional yang memiliki siswa lebih dari 16 negara di luar Australia.

Kepala Sekolah Canberra Grammar School, Justin Garrick, mengatakan bahwa Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari oleh siswa Australia, oleh karena itu sekolah berkomitmen untuk terus membuka kelas Bahasa Indonesia

Bahkan Pada 17 Mei 2022 CGS mengundang Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu, Dr Siswo Pramono beserta Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra, Mukhamad Najib.

Kunjungan tersebut dalam rangka memperkenalkan sekolah dan memberi kesempatan kepada siswa-siswa yang belajar bahasa indonesia untuk mendemonstrasikan kemampuan bahasa Indonesia mereka.

Dalam sambutannya, Dubes RI, Siswo Pramono menyampaikan ucapan terimakasih kepada sekolah yang telah turut membantu mempromosikan bahasa Indonesia kepada para siswa. Dubes juga memberikan motivasi kepada para siswa untuk belajar bahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia akan menjadi bahasa penting di masa yang akan datang seiring dengan semakin tingginya kerjasama ekonomi Indonesia dan Australia.

"Bahasa Indonesia bukan hanya penting untuk memahami kebudayaan Indonesia, di masa depan bahasa Indonesia juga akan menjadi bahasa yang penting dalam bisnis dan ekonomi. Oleh karena itu para siswa yang belajar bahasa Indonesia hari ini tentu akan merasakan manfaatnya yang besar dikemudian hari", jelas Siswo.

Tak lupa Dubes RI Siswo juga mengajak kepada para guru dan siswa untuk berkunjung ke kediamannya atau ke Balai Budaya di KBRI Canberra untuk mempraktekkan Bahasa Indonesia dengan penutur asli Indonesia dan merasakan makanan Indonesia. (Rzassgaf)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar