Menggambar Ternyata Berdampak Baik Untuk Perkembangan Anak

KBRN, Samarinda : Menggambar merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk anak-anak. Tidak hanya menyenangkan, Si Kecil juga mengeksplor daya imajinasi dan kreativitasnya dengan menggambar.

Banyak orang tua yang peduli dengan perkembangan kreativitas anak-anaknya, mengikutsertakan anak mereka untuk mengikuti kursus menggambar atau melukis sejak dini. Jika diajarkan sejak dini, potensi dan bakat anak akan semakin mudah untuk digali dan dikembangkan. Tidak hanya meningkatkan kreativitas, manfaat menggambar bagi anak sangatlah banyak.

Berikut manfaat Menggambar Bagi Anak seperti dilansir dari halodoc.com :

1. Melatih Kecerdasan Motorik

Menggambar memerlukan koordinasi yang bagus antara mata dengan tangan dan cara yang tepat dalam menggunakan alat tulis untuk membuat goresan, hingga menghasilkan sebuah gambar. Hal tersebut dapat menjadi dasar potensial anak untuk mengembangkan motoriknya.

2. Mendorong Analisis Visual

Meminta anak menggambar benda tertentu, terutama yang berkaitan dengan benda lain, bisa membantu anak melakukan analisis visual dasar ruang sehari-hari. Untuk mendapatkan manfaat menggambar ini, mintalah anak menggambar benda yang besar dan kecil, kasar dan halus, jauh dan dekat, dan seterusnya.

3. Sebagai Media Berekspresi

Seperti halnya orang dewasa, dengan menggambar kita bisa melihat apa yang sedang dirasakan oleh anak baik itu perasaan gembira, marah, sedih, dan sebagainya.

4. Meningkatkan Memori

Manfaat menggambar bagi anak lainnya yaitu menghindarkan mereka dari penyakit Alzheimer sejak dini. Meskipun penyakit tersebut berhubungan dengan memori pada otak, tetapi dengan menggambar mereka dituntut untuk berpikir saat berimajinasi dan mempertajam ingatan secara terus-menerus.

5. Membantu Membangun Konsentrasi

Kegiatan menggambar juga bisa memberikan waktu pada anak untuk membangun konsep konsentrasi dan latihan. Konsep-konsep tersebut penting untuk keberhasilan anak, bahkan di sekolah dasar. Mempelajari cara mengamati detail kecil, berkonsentrasi untuk mencapai hasil tertentu, dan menyelesaikan tugas-tugas rumit, membantu Si Kecil tumbuh dewasa.

6. Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi

Menggambar bisa menjadi sebuah media bagi anak untuk menyampaikan pesan, emosi atau bahkan hal-hal yang tidak bisa disampaikan secara verbal.

7. Mengatasi Gangguan Mental atau Trauma

Anak-anak yang memiliki gangguan kesehatan mental, misalnya perilaku yang kerap cemas atau memiliki rasa takut berlebihan yang sering disalurkan dengan cara menggigit, membenturkan kepala, cepat marah atau lainnya bisa menerapkan terapi seni dengan menggambar.

Selain itu, peneliti dan psikolog dari Institute for Psychology University of Leipzig, Jerman, Prof. Dr. Evelin Witruk, melakukan terapi seni terhadap anak-anak korban tsunami Aceh dengan menggunakan terapi seni menggambar untuk memulihkan kondisi psikisnya.

8. Melatih Kesabaran

Anak akan berlatih sabar untuk membuat gambar terlebih dahulu sebelum mewarnainya. Disaat mewarnai, terdapat juga aturan untuk tidak boleh keluar dari garis gambar yang sudah dibuat, kemudian memikirkan untuk memadukan dengan warna yang tepat mendapatkan hasil yang bagus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar