FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

SMP Negeri 1 Sendawar Siap Gelar Asesmen Nasional Awal Bulan Oktober 2021

Wakil Kepala SMP Negeri 1 Sendawar Kutai Barat, Kiarno.jpeg

KBRN, Sendawar: Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sendawar, merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) yang telah selesai melaksanakan Pra-Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), pada tanggal 13-14 September 2021.

Wakil Kepala SMP Negeri 1 Sendawar, Kiarno mengatakan, siswa yang mengikuti Pra-Asesmen Nasional ini, merupakan siswa kelas VIII (delapan), sebanyak 45 orang berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang dipilih secara acak oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) RI.

“Jadi asesmen ini, dari 50 siswa yang dipilih secara acak oleh kementerian, yang mengikuti asesmen adalah 45 orang, yang limanya cadangan. Nah syukur alhamdulillah, sejak tanggal 13 sampai 14 september ini kita sudah melaksanakan geladi atau pra-asesmennya,”kata Kiarno kepada RRI di Sendawar, Selasa (21/9/2021).

“Kalau untuk pelaksanaan ANBK murni-nya, itu tanggal 3 dan 4 Oktober 2021 nanti, dan kita sudah siap dalam pelaksanaannya,”tambah Kiarno

Menurutnya, Asesmen Nasional ini merupakan pengganti dari Ujian Nasional (UN), yang akan diikuti tidak hanya siswa, tetapi juga guru dan kepala sekolah, sebagai evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada satuan tingkatan pendidikan dasar dan menengah.

“Asesmen ini bukan untuk kelulusan siswa tapi untuk pemetaan sekolah, karena sudah tidak ada ujian nasional tadi. Jadi mutu sekolah itu bagaimana, ya dilihat dari asesmen ini, dan asesmen ini tidak hanya untuk siswa saja tapi juga untuk guru-guru. Jadi semua ikut asesmen, yang artinya mutu guru juga dilihat disitu. Kalau siswa bisa mengikuti, artinya guru juga berhasil mendidik anak-anaknya, nah disitulah terlihat mutu sekolahnya,”ungkap Kiarno

Ditambahkan, pelaksanaan pra-asesmen nasional di SMP Negeri 1 Sendawar, berjalan dengan lancar dan tertib sejalan dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Tidak hanya itu, dari sisi sarana prasarana pendukung juga sudah dipersiapkan dengan baik, bahkan tidak ditemukan kendala berarti untuk jaringan internet yang dibutuhkan dalam pelaksanaan asesmen tersebut.

Sementara dari sisi pelajar, cukup familiar dengan teknologi komputer yang digunakan dalam pelaksanaan-nya. Demikian seperti diungkapkan Chrisma Angela Hasibuan, salah satu Siswi SMP Negeri 1 Sendawar, saat dikonfirmasi usai mengikuti Pra-ANBK.

“Tidak ada kesulitan sih, sudah mengerti. Tinggal belajar saja seperti biasa, sesuai dengan mata pelajaran dan materi yang diberikan guru,”ucap Angela.

Untuk diketahui, Evaluasi yang dilakukan pemerintah dalam pelaksanaan ANBK ini menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Kemudian, bersumber dari Panduan Operasional Standar (POS) penyelenggaraan asesmen nasional 2021, peserta yang bisa mengikuti Asesmen Nasional adalah siswa kelas 5, kelas 8, dan kelas 11. Dipilih secara acak atau random di setiap satuan pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh Kemendikbud-Ristek RI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00