Disdikbud dan Tanoto Fondation Bekerjasama Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Kubar

KBRN,Sendawar: Puluhan fasilitator daerah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mengikuti Training Of Trainer (ToT) Membership District Facilitators atau pelatihan kepada fasilitator daerah menjadi pendamping yang baik, di Gedung Auditorium Aji Tulur Jejangkat (ATJ) Komplek perkantoran Pemerintahan Kubar, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan tersebut, sejalan dengan kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubar bersama Tanoto Fondation dalan pelaksanaan program Pintar Penggerak Kabupaten Kutai Barat selama 2 tahun kedepan.

District Coordinator Tanoto Fondation, Yohanes Shen mengatakan, Pelatihan merupakan langkah pemberdayaan masyarakat secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.

"Fasilitator daerah ini terbagi menjadi dua yaitu fasilitator daerah untuk SD dan SMP. Baik yang untuk Manajemen Bersasis Sekolah (MBS) maupun Pembelajaran aktif, yang mana fasilitatornya merupakan Pengawas dan Kepala Sekolah dari 65 Sekolah Mitra di Kutai Barat. Jadi mereka inilah yang di persiapkan untuk menjalankan program Pintar penggerak Kutai Barat,"katanya

Jadi lanjut, Yohanes Shan program pintar penggerak ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan relevansi pembelajaran, mutu kepemimpinan dan manajemen pendidikan kepala sekolah dan pengawas, serta membangun kapasitas pihak terkait termasuk keterlibatan orang tua dan lembaga pendidikan di Kutai Barat, dalam rangka peningkatan mutu sekolah jenjang SD dan SMP secara mandiri dan berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (PPD) Disdikbud Kubar, Yakobus Yamon menegaskan, bahwa program ini merupakan upaya pemerintah untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kutai Barat.

"Jadi kami tetap komitmen untuk terus menyesuaikan dengan moto "hari esok yang lebih baik daripada hari ini". Dan inilah salah satu upaya nyata yang sudah kita lakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik di Kutai Barat. Memang, dengan hadirnya teman-teman dari Tanoto ini, sekarang sudah mulai terlihat dampak positif terkait dengan kreatifitas guru-guru kita,"tegasnya.

Melalui program tersebut, Yakobus Yamon berharap tumbuhnya karakter yang lebih semangat dari guru-guru l di Kutai Barat untuk membimbing siswa dan memunculkan kreatifitas guru dalam mendidik.

"Guru-guru kita selama inikan sebenarnya potensi, pintar, hanya saja belum tergali dengan baik. Nah, pola menggalinya inilah kami mengharapkan dari teman-teman Tanoto Fondation bisa membantu kita untuk meningkatkan kreatifitas guru-guru yang ada, sehingga pendidikan kita di Kutai Barat ini bisa lebih baik kedepannya,"pungkas Yamon

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan tersebut dibagi dua tahap, yakni tahap pertama untuk Fasilitator Daerah tingkat SD sebanyak 40 orang pada tanggal 15 Juni 2021. Dan pelatihan bagi Fasilitator Daerah tingkat SMP, sebanyak 25 orang pada tanggal 16 Juni 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00