Universitas Islam Negeri Samarinda, Mulai Jalankan Program Kampus Merdeka

KBRN, Samarinda : Guna mendukung program Kampus Merdeka yang digusung Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris Samarinda menggelar Pengembangan Kurikulum Berbasis Kampus Merdeka, bertempat di Hotel Grand Sawit Samarinda Selasa (15/6/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah Nur Thaiybah, Ketua Lembaga Jaminan Mutu Uinsi Samarinda Nur Kholik, Kabag Humas Pemprov Kaltim Andik Riyanto beserta para tamu undangan lainnya.

Berbicara disela acara Dekan Fakultas Fuad UIN Samarinda Nur Thaiybah kepada RRI mengaku sudah merangkum kurikulum pembelajaran untuk mendukung Kampus Merdeka. Namun, pihaknya perlu sejumlah kajian dan masukan dari sejumlah mitra kerja di samarinda seperti dari dinas sosial, dinas pariwisata dan instansi terkait lainnya hingga media lokal yang dirangkum dalam kegiatan tersebut.

“Kami sudah menyusun, namun kami tidak bisa sekedar menyusun, tujuan kami adalah mengundang mitra-mitra sekaltim semuanya kami undang untuk dibidang apa kami bisa bekerjasama sehingga mahasiswa yang dulunya hanya 4 sks bisa 20 sks sehingga mahasiswa tidak kekurangan matakuliah dan memiliki ilmu dan keterampilan dalam arti siap untuk bekerja” kata nur

Terkait program kampus merdeka diungkapkan nur mulai berlaku pada tahun 2021, dengan itu mahasiswa dan mahasiswi nantinya dapat memilih kurikulum reguler atau kurikulum merdeka belajar.

Untuk kurikulum merdeka nantinya terdapat di tiga semester terakhir, dimana pelajar dapat memilih prodi apa yang diinginkan. Seperti jurusan Ilmu Alqur’an dan Tafsir yang memiliki jumlah total 149 sks Kurikulum regular dan 146 sks untuk merdeka belajar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00