39 Mahasiswa Poltek Sendawar Akhirnya Diwisuda

KBRN, Sendawar : Perguruan Tinggi Politeknik Sendawar Kutai Barat akhirnya mewisuda 39 mahasiwa angakat 2018-2020. Pengukuhan wisudawan-wisudawati itu digelar dalam rapat senat terbuka luar biasa di balai pertemuan umum kompleks perkantoran pemkab Kubar Sabtu (29/5/2021).

Prosesi wisudah yang tertunda akibat pandemic covid-19 turut dihadiri kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Prof.Dr.Ir, H.Udiansyah, Ketua Yayasan Pembangunan Sentawar Sakti Kornelius Sinyal, Sekertaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Ayonius, Diretur Utama Poltek Sendawar Selvina, Ketua Yayasan Universitas Balikpapan Belli Awai serta sejumlah undangan lainnya.

Mahasiswa yang diwisuda ini terdiri dari 3 jurusan, yakni Administrasi Bisnis, Teknik Sipil dan jurusan Mesin Otomotif.

Direktur Poltek Sendawar Selvina mengaku lega akhirnya bisa mengukuhkan 39 mahasiswanya. Hanya saja ada beberapa mahasiswa asal kabupaten Mahakam Ulu yang batal diwisuda akibat lock dawn.

“Mereka dari Mahulu informasi sudah kita sampaikan hanya saja mereka masih terkena lockdown itu cukup lama. Jadi untuk persyaratan-persyaratan lainnya agak sulit mereka mempersiapkan. Kebanyakan kemarin itu yang terkendala di koreksi ujian TA, terhambat karena covid ini,” kata Selvina saat dikonfirmasi RRI di sekretariat Poltek.

Selvina yang baru dilantik 10 Maret 2021 lalu mengatakan selain karena pandemic corona, ada sejumlah mahasiswa yang kecewa karena belum dikukuhkan. Ditambah lagi informasi simpang siur di luar kampus hingga anggota DPRD Kubar yang menyebut mahasiwa Poltek terancam tidak bisa diwisuda membuat mahasiswa galau.

“Artinya langkah yang saya ambil ini tidak semulus yang kita pikirkan. Sempat terkendala juga karena sepertinya mahasiswa ini sudah terlanjur kecewa dengan ketidak wisudaan nya. Bahkan ada yang mengatakan penting enggak bu wisuda itu,” ujarnya.

“Saya sangat sedih juga dengar begitu kan. Jadi saya bilang bagi pelajar yang menginginkan titel, sahnya suatu pendidikan diakhiri dengan wisuda,” sambung Selvina.

Justru setelah diwisuda lanjut Selvina banyak mahasiwa yang berterima kasih. Melalui grup whats app kampus puluhan mahasiwa akhirnya angkat topi untuk sang dirut yang sempat digoncang dengan berbagai isu.

“Kalau untuk sekarang justru malah terbalik ya, karena mereka sudah diwisuda lalu di WA saya ini beruntun ucapan terima kasihnya. Terima kasih untuk ibu direktur dan seluruh dosen dalam prosesi wisuda. Kami mohon maaf apabila ada salah kata ataupun tindakan. Jadi banyak sekali ini masuk ini di di WA. Saya terharu karena kelihatannya mereka baru menyadari bahwa proses ini tidak mudah dan luar biasa,” ungkap Selvina sembari membaca puluhan pesan dari mahasiwanya di WA grup.

Ia yakin alumni Polsen tidak sulit mendapat pekerjaan atau berusaha mandiri. Sebab mereka sudah banyak mendapat ilmu terapan berbasis vokasi.

“Harapan saya mereka gajinya diatas UMR lah. Saya tidak mau lulusan Politeknik itu gajinya di bawah standar. Karena pendidikan vokasi ini tujuannya memang untuk tenaga kerja. Jadi sangat sayang sekali jika dia mengambil jurusan vokasi tapi nganggur. Walaupun dia tidak bisa bekerja di tempat lain tetapi bisa membuka peluang pekerjaan atau usaha sendiri,” harap Selvina.

Foto Bersama - LLDIKTI dan Jajaran Poltek Sendawar

BACA JUG : Perbaiki Mutu dan Akreditasi, Poltek Sendawar Kerja Sama Dengan Universitas Balikpapan

Yang membuat Selvina berbangga hati wisuda kali ini dihadiri langsung kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan.

“Biasanya memang setiap wisuda kita selalu mengundang LLDIKTI, dan beliau sendiri juga katakan kenapa beliau selalu ingin hadir pada saat wisuda Politeknik karena Politeknik lah yang tampak kelihatan sungguh-sungguh dengan kesederhanaannya. Kampus lain wisuda belum tentu beliau bisa hadir. Ditambah dengan teman-teman Uniba jadi sangat surprise itu. Kesannya sangat luar biasa spesial,” ucap wanita berlatar belakang hukum itu dengan penuh suka cita.

Ia juga mengapresiasi kerja sama direktorat, Yayasan dan pemerintah daerah yang telah mendukung kegiatan wisuda mahasiswa Angkatan 13 tersebut.

"Semoga mereka bisa kembali ke tengah masyarakat dan memberi manfaat bagi bangsa dan negara,” pungkasnya.

BACA JUGA : Ketua Yayasan Poltek Sendawar Janji Segera Selesaikan Tunggakan Gaji Dosen

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar