Ketua Yayasan Poltek Sendawar Janji Segera Selesaikan Tunggakan Gaji Dosen

KBRN, Sendawar : Ketua Yayasan Pembangunan Sentawar Sakti (YPSS) Kornelius Sinyal berjanji segera membayar tunggakan gaji dosen Politeknik Sendawar.

Hal itu diungkapkan Yan Sinyal saat menghadiri pelantikan Syahrul ST,M.Eng sebagai Wakil Direktur 1 Poltek Sendawar di Sekretariat Polsen Kecamatan Barong Tongkok, Kota Sendawar Kamis (28/4/2021).

“Pada rapat kemarin kita sudah bertanggung jawab itu Pak Sahrul untuk menuntaskan semua hal-hal yang menyangkut tunggakan-tunggakan dosen. Bertahun-tahun dosen mungkin begitu banyak,” katanya.

Penuntasan gaji dosen kata Yan Sinyal merupakan salah satu syarat untuk memperpanjang akreditsi perguruan tinggi dan prodi yang akan berkahir mei 2022 mendatang.

“Saya kira ini yang perlu kita siasati ke depan dalam rangka mendukung program ibu direktur yaitu menaikan jenjang dari D3 ke D4. Karena diploma 4 setara strata satu (S1). Setelah itu yang kedua akreditasi kita Mei 2022 (berakhir). Ini memang kerja keras kita,” ungkap Yan Sinyal.

Hanya saja ia tak menyebut berapa gaji dosen yang belum terbayar maupun jumlah dosen Poltek. Salah satu upaya yang dilakukan kedepan adalah mencari tambahan anggaran melalui kerja sama dengan pihak ketiga. Sebab jika hanya berharap SPP mahasiswa maka nasib dosen kembali terkatung-katung. Apalagi saat ini jumlah mahasiswa hanya sekitar 189 orang dengan besaran SPP per smester Rp 3.000.000.

“Sekarang dikit betul kita dapat 6 juta 1 tahun kan. Kalau ada 300-an lumayan itu. Kalau kita punya mahasiswa 300 kali 6 juta ya bisa1,8 miliar dalam satu tahun. Paling tidak SPP ini bisa membuat kita tidak nunggak lagi untuk perut dosen perut perangkat akademik ini,” ujarnya.

Solusi terakhir menurut dia adalah menaikan SPP mahasiwa dari 6 juta jadi Rp.8 juta per tahun. Namun pilihan itu belum bisa diambil lantaran kasian mahasiswa. Sebab mahasiswa Poltek mayoritas berasal dari keluarga pas-pasan.

“Pilihannya saya kira hanya dengan menambah jumlah mahasiswa (bukan menaikan SPP),” katanya.

Sementara direktur Poltek Sendawar Selvina menilai pertimbangan menambah jumlah mahasiswa itu sejalan dengan program yang ia tawarkan. Yaitu merubah status D3 menjadi D4, kemudian menaikkan akreditasi masing-masing prodi dan membuka prodi baru. Dengan begitu dia yakin animo calon mahasiswa makin tinggi.

“Impian yang sangat tinggi sekali tetapi saya tetap optimis untuk Politeknik untuk masyarakat untuk mahasiswa bisa tambah lagi,” ujar Selvina.

Ia yakin dengan dilantiknya para pembantu direktur akan mempercepat pelaksanaan program kerja direktorat.

“Dengan resminya Pak Syahrul sebagai wakil 1 bidang program pendidikan dan penelitian, pengembangan dan lain sebagainya ini akan bisa lebih cepat untuk kedepannya dalam menggapai program-program politeknik,” sambung Selvi.

Perempuan pertama yang memimpin Polsen Kubar ini meminta jajajarannya tetap membangun sinergi baik dengan Yayasan maupun direktorat serta pemerintah daerah.

“Kita harapkan sinergi antara yayasan dan politeknik tetap kita jalin, karena kita perlu kepala-kepala pemikir dalam mengembangkan Politeknik Sendawar,” tutur wanita berlatar belakang sarjana hukum tersebut.

Sementara  Syahrul ST,M.Eng yang baru didaulat sebagai Wakil Direktur 1 Poltek Sendawar menyebut ada tiga komponen yang menjadi pendukung dalam  keberhasilan perguruan tinggi. Yaitu dosen, mahasiswa serta sarana prasarana.

“Dari sisi dosen tentu kita perlu meningkatkan kapasitas individu karena dosen punya peranan penting dalam peningkatan kapasitas yang terkait dan melekat. Tiga komponen tersebut punya peran sentral untuk meningkatkan akreditasi perguruan tinggi. Karena kalau komponen itu tidak memadai akreditasi perguruan tinggi yang ada di tempat tersebut tentu tidak bisa bersaing dalam mencetak lulusan yang bisa berkesinambungan secara globalisasi,” jelasnya.

Siapa Bertanggung Jawab Atas Poltek Sendawar ? Menakar Hasil Kerja Pansus Poltek DPRD Kubar

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar