Pelibatan Masyarakat Dalam PPKM Level 4 Jilid 2 di Kaltim

PPKM Level 4

KBRN, Samarinda : Pemerintah memutuskan memperpanjang kebijakan PPKM level 4 di sejumlah daerah di Indonesia. Sebanyak 141 kabupaten/kota di Indonesia yang masih harus menerapkan PPKM level 4 sejak 3 Agustus hingga 9 Agustus mendatang.

Di Provinsi Kalimantan Timur 8 wilayah kecuali Paser dan Mahakam Ulu menerapkan perpanjangan PPKM Level 4. Menurut Kepala Dinas Kominfo Kaltim Muhammad Faisal Selasa (03/08/2021) mengatakan perpanjangan ini melihat tren kasus Covid yang masih tinggi di Indonesia.

Ia mengakui PPKM Level 4 yang sebelumnya telah diterapkan masih banyak kekurangan terutama dalam hal penegakkan aturan dan pengawasan. Untuk itu Ia mengajak warga masyarakat turut melakukan pengawasan bersama sehingga PPKM Level 4 jilid 2 bisa lebih efektif.

“Sekarang bukan saja Satpol PP tetapi sudah melibatkan TNI dan Polri. Tetapi yang terpenting pengawasan dari masyarakat. Jika melihat ada yang tidak sesuai aturan dilaporkan saja ke aplikasi,” kata HM Faisal.

Senin (02/08/2021) malam Presiden Jokowi mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4. Melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2021 mengatur tentang kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 kali ini, bertumpu pada tiga pilar utama. Pertama, tentang kecepatan vaksinasi di wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi. Kedua, mengenai penerapan protokol kesehatan 3M yang masif. Ketiga, meningkatkan upaya pengetesan, pelacakan, isolasi, dan perawatan atau 3T di masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00