Industri Kreatif Lokal Berkembang, Setelah Migrasi TV Digital

,KBRN,Samarinda - Kadis Kominfo Kaltim Muhammad Faisal bersama Ketua KPID Kaltim Akbar Ciptanto dan Ketua Komisi 1 DPRD Kaltim Akbar Ciptanto memenuhi undangan RRI Samarinda pada acara Halo Kaltim dengan tema 'Kaltim Siap Migrasi Ke TV Digital' yang di pandu oleh Marga Rahayu pada hari Senin (2/8/2021).

Faisal mengharapkan TV lokal yang ada di Kaltim untuk segera migrasi ke TV Digital. "Saya mengharapkan TV lokal di Kaltim segera migrasi agar  pengusaha lokal dapat berkecimpung di digital televisi karena saat ini merupakan kesempatan bagus," Ungkap Faisal.

Multiplex atau mux adalah pengelompokan layanan program sebagai paket data yang disisipkan untuk disiarkan melalui jaringan atau media multiplex yang dimodulasi. 

"MUX di Kaltim sudah ditetapkan oleh pusat ada 6, dari 6 ini masing - masing bisa menampung 8 sampai 12 channel per MUXnya, jika sekarang sudah ada 24 kita rata-rata saja 8, berarti sisa 24 lagi, ini yang harus disiapkan oleh pengusaha dari sekarang," Harapnya.

Karena jika pada tahun 2022 peluang itu dibuka untuk TV Digital Lokal maka kita sudah siap.

"Kemarin bapak-bapak kita dari Islamic Center berkeinginan membuat televisi dakwah, monggo silahkan tentu saja kami dukung saya juga yakin Komisi 1 DPRD Kaltim pasti membantu, kedepan akan ada TV Dakwah Islamic Center yang resmi dan legal," Bangga Faisal.

Karena ini usaha pasti didalamnya ada tenaga kerja, Faisal berharap Sumber Daya Manusia (SDM) lokal, ini yang harus dijaga.

"10 - 30 % harus tenaga lokal, jika boleh ada transfer knowlegde untuk tenaga kerja lokal, ini harus ada peraturannya," Jelasnya.(diskominfo)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00