Dukung Kinerja Perumda Tirta Kandilo, Bupati Komitmen Maksimalkan Kebutuhan Air Bersih di Paser

KBRN,Samarinda - Bupati Paser dr Fahmi Fadli berkomitmen untuk mendukung program kerja Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kandilo guna memaksimalkan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Paser.

Upayanya adalah seperti pengembangan sara air bersih pada unit pengolahan  air bersih, perpipaan dan upaya lainnya yang bisa meng-cover kebutuhan warga yang lebih besar.

Hal ini juga komitmen Bupati Paser bersama Wabup mewujudkan program-program prioritas yang sudah menjadi target Paser MAS di wilayah Bumi Daya Taka.

Berbagai progran prioritas pro rakyat sudah dan akan direalisasikan, dan salah satunya adalah menyediakan Sarana Air Bersih. 

Dalam rangka mewujudkan program tersebut, Sabtu (31/7/2021) Bupati Fahmi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan selaku ketua Dewan Pengawas Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kandilo, melakukan kunjungan ke beberapa lokasi Intake dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di wilayah Kabupaten Paser.

Menurut Dewan Pengawas Ina Rosana, bahwa mewujudkan program prioritas  dalam Visi Misi Bupati yakni peningkatan infrastruktur dan air bersih, makan Bupati  melakukan monitoring dan evaluasi terhadap beberapa IPA (Instalasi Pengolahan Air) di beberapa kecamatan.

“Jadi kunjungan Pak Bupati untuk  melihat langsung potensi pengembangan sarana air bersih ke depan. Baik itu  jaringan pipanisasi dan mengatasi sumber air baku yg semakin berkurang dengan  kualitas yang semakin menurun,” kata Ina.

Begitupun lanjutnya, terkait untuk peremajaan pipa dan pengenbangan jaringan yang sudah ada, karena membutuhkan pendanaan yg cukup besar. Maka kedepan untuk mengatasi persoalan ini perlu melibatkan pihak ketiga melalui pola kerjasama.

“Namun tentunya berproses dan perlu pengkajian  aturan atau regulasi dan kesiapan lainya,” sebut Ina saat ditemui.

Secara kuantitatif tambah Ina, selain cakupan layanan air bersih akan terus ditingkat, tapi kuantitias juga akan diupayakan dibarengi dengan kualitas air. 

Seperti diwartakan, Sabtu (31/7) Bupati Fahmi melakukan kunjunan ke  Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) pada Perumda Tirta Kandilo diawali Intake Sangkuriman dan IPA Tepian Batang Tanah Grogot.

Selanjutnya Bupati didampingi Dewan Pengawas Perumda Tirta Kandilo  Ina Rosana dan  jajaran  Perumda, lanjutkan kunjungan ke unit pengolahan air minum Kecamatan  Kuaro, Long Ikis dan berakhir di unit pengolahan air minum kecamatan Long Kali.

Kunjungan tersebut selain mengantisipasi masuknya musim kemarau, juga dalam rangka memantau pelayanan kualitas, kuantitas dan kontinuitas di intake atau  unit Instalasi Pengolahan Air. (humas)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00