Bupati Paser: Pengawasan & Prokes Lebih Efektif dari Swab Antigen di Tempat Umum

KBRN,Samarinda - Bupati Paser dr Fahmi Fadli meminta kepada seluruh jajaranya, khusus Dinas Kesehatan dan termasuk para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang hasil swab antigennya  positif.

Hal tersebut menurut Bupati Fahmi dalam sambutannnya usai melantik tujuh  BPD PAW di Kantor Desa Tapis Kecamatan Tanah Grogot , dalam rangka menyikapi terkait wabah Covid-19 atau sering disebut Corona yang saat ini meningkat kasusnya di Kabupaten Paser.

“Kepada Kadis Kesehatan, camat , Lurah dan kepala desa saya minta agar aktif melakukan pengawasan ketat kepada warga  yang hasil swab  atingennya positif, ini dilakukan untuk mencegah meluasnya penularan dimasyarakat,” kata Bupati.

Pengawasan itu ungkap Fahmi  harus dilakukan agar pasien positif covid-19 itu tidak menularkan warga lainnya. Dinas Kesehatan, Camat, Lurah dan Kepala Desa  harus memastikan ada pihak yang bertugas menangani itu.

“Pengawasan itu penting agar masyarakat yang dinyatakan positif meskipun tanpa gejal  tidak menganggap remeh. Sebab sejatinya, meski OTG, mereka itu sedang sakit, sehingga harus diberikan treatment yang sesuai protokol Kesehatan dan tidak berkeliaran ditengah masyarakat,” tandas Bupati.

Lalu Bupati Fahmi menegaskan, pengawasan Orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan ( PDP) yang dinyatakan positif mengidap Corona Covid-19 lebif efektif dari pada dilakukan razia dan swab antigen di tempat-tempat umum.

“Pengawasan yang salah satunya dengan terus memperketat protokol Kesehatan adalah salah satu yang perlu dilakukan agar penyebaran Covid-19 bisa di minimalisir. Meskipun sejauh ini  sudah kita lakukan. Tapi, perlu penguatan lagi agar masyarakat makin sadar pentingnya protokol Kesehatan, bukan sebalinya melakukan swab ditengah umum yang justru ini membuat ketakutan warga kita,” ujarnya. (humas)

Bagikan ke :

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00