TP PKK Samarinda Bakal Bentuk Kampung Go Green di Gang Damai

KBRN,Samarinda - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin bersama Asisten I Sekretariat Kota Samarinda Tejo Sutarnoto dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pembentukan kampung Go Green di Ruang rapat Harvard Lantai III Balai Kota, Selasa (22/06/2021).

Ketua TP PKK Samarinda, Rinda Wahyuni menyampaikan ketika pihaknya melakukan kunjungan ke Kampung Glintung yang terletak di Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang belum lama ini, ia mengatakan jika kampung yang dimaksud tadi menjadi  percontohan di Indonesia, karena menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan yang bernama Go Green. Menurutnya kampung tersebut luar biasa perubahannya, yang awalnya dianggap kurang bagus kini menjadi indah dan cantik.

“Kota kita Samarinda juga bisa membuat kampung seperti itu, seperti kemarin saya ke Sambutan meresmikan Posyandu, disana bisa dibuat seperti di Glintung dan tidak memerlukan dana yang besar, yang jelas kampung itu bernama kampung Go Green, dimana warganya diminta memanfaatkan setiap pekarangan mereka dengan tanaman-tanaman, tidak harus tanaman mahal, yang biasa saja yang penting halamannya terisi dengan tanaman dan dirawat sendiri oleh warga,” tutur Rinda.

Menurutnya banyak yang bisa dipelajari dari kampung Go Green, ia menjelaskan di kampung Go Green tersebut merupakan daerah banjir kemudian warga nya membuat lubang biopori dan selanjutnya warga mengisinya dengan sampah organik yang memiliki fungsi sebagai makanan makhluk hidup yang ada di tanah seperti cacing dan akar tumbuhan hingga menjadikannya pupuk kompos.

Ada beberapa area di Kota Samarinda yang bisa dijadikan percontohan misalkan Sempaja lanjut Rinda, ia berniat akan membuat kampung percontohan di gang Damai tidak jauh dari kediamannya, dalam beberapa hari ke depan ia akan memulai niatannya tersebut untuk kegiatan PKK.

“Artinya kami TP-PKK akan sangat mendukung sekali apabila Samarinda bisa menerapkan Go Green seperti di Glintung itu, apalagi kita bisa mendatangkan nara sumbernya langsung Ketua RW Glitung Bambang Irianto, agar pemahaman kita tidak setengah-setengah,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00