Keluhkan PPDB, Ratusan Orang Tua Siswa Demo Didepan Kantor Disdikbud Balikpapan

KBRN, Balikpapan - Ratusan orang tua calon siswa mendadak ngeluruk ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan pada Senin pagi (21/6). Para orang tua calon siswa ini mengeluhkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang menggunakan zonasi.

Pasalnya banyak calon siswa yang tidak terakomodir di sekolah lingkungan rumahnya lantaran terkendala radius jarak antar sekolah dengan rumahnya. Sehingga banyak yang tidak masuk kuota zonasi alhasil ngeluruk ke kantor Disdikbud untuk menyampaikan keluhannya itu.

"Saya ini tinggal di Gunung Kawi, Balikpapan Tengah, nah di wilayah Balikpapan Tengah ini sekolah SMP cuma ada satu aja yaitu SMP Negeri 22. Kuota disitu sudah penuh zonasinya, jadi anak saya nggak bisa masuk lagi. Sementara mau daftar ke sekolah lain juga susah karena bukan zonasi kita," kata Dewi, salah satu orang tua calon siswa yang melakukan demo.

Tak hanya terkait zonasi saja, keluhan lain pun datang saat peserta melakukan pendaftaran melalui online. Dimana saat memasukkan peta zonasi, banyak dari orang tua calon siswa yang tidak termasuk dalam zonasi sekolah lingkungan sekitarnya. Padahal jarak antar sekolah tidak begitu jauh.

"Sekolah dan rumah saya itu dekat, tapi pas saya masukkan di map kok berada diluar zonasi. Ini kan aneh, masa kita harus daftar reguler diluar. Kami mengharapkan zonasi karena merasa dekat rumah," ujar Nur.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Muhaimin mengatakan memang saat ini sedang berjalan proses zonasi, afirmasi, mutasi, dan prestasi. Hal ini sesuai dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 mengamanahkan sistem zonasi berdasarkan jarak. Namun kuota zonasi dibatasi hanya 50 persen dari kuota keseluruhan.

"Sehingga memang ada yang tidak puas kalau misalnya sistem zonasi berdasarkan jarak, ada yang nilainya tinggi itu tersingkir. Padahal kalau nilainya tinggi sudah disediakan jalur prestasi 30 persen. Cuma pasti tetap tidak bisa memuaskan semua orang," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00