Tenaga Guru Tidak Masuk Dalam Formasi CPNS 2021

KBRN, Sendawar: Pemerintah akan melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CP3K), diseluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), tahun 2021 ini.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD Kubar, Nopandel mengatakan, khusus untuk rekrutmen CPNS di Kutai Barat, tahun ini mendapat 201 formasi bagi tenaga Kesehatan dan Teknis. Sedangkan formasi guru ditiadakan, karena masuk dalam rekrutmen CP3K.

"Untuk CPNS nya ada 201 formasi. Nah, dari tenaga kependidikan tidak ada untuk CPNS nya karena masuk dalam CP3K, nanti dia rekrutmen tersendiri. Jadi, CPNS yang 201 itu, dari tenaga kesehatannya 114 formasi dan tenaga teknisnya 87 formasi,"kata Nopandel kepada RRI di Sendawar, Senin (21/6/2021).

Terkait teknis pelaksanan tes CPNS tahun ini, menurut Nopanel, tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni melewati seleksi administrasi, kemudian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT).

Hanya saja, sampai saat ini, Ia belum bisa memastikan jadwal pelaksanaannya, dan terus melakukan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), untuk kepastian kapan tes CPNS bisa dilaksanakan tahun 2021 ini.

"Tadinya diagendakan bulan Juni inj, tetapi sampai sekarang kita belum diinformasikan untuk bisa mengumumkan terkait pelaksanaan tes CPNS. Apalagi dengan adanya CP3K ini, tentu kita harus menyingkronkan itu juga, sehingga perlu koordinasi lagi ke Pusat,"ungkapnya

Dengan akan dilaksanakannya rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini, Nopandel menghimbau kepada masyarakat, terutama yang akan mendaftar agar mempersiapkan diri dan persyaratan yang ditentukan.

Selain itu, agar berhati-hati dalam menerima informasi terkait rekrutmen CPNS, guna menghindari adanya oknum yang memanfaatkan situasi, baik dalam bentuk pencurian data, penipuan dan lain sebagainya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00