Kementrian P3A Lakukan Evaluasi Kota Layak Anak Secara Virtual

KBRN,Samarinda: Anak adalah harapan bangsa dan penerus generasi dimasa mendatang dan mengalami tumbuh kembang yang menentukan masa depannya.

Oleh karenanya menjadi kewajiban pemerintah kota Samarinda untuk memberikan dan meningkatkan  perlindungan dan pemenuhan  hak anak agar menjadikan anak kota Samaridna sehat ,cerdas, ceria dan berahlak mulia.

Hal itu disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi dan pembangunan Pemerintah Kota Samarinda Drg.Nina Endang Rahayu Mewakili Walikota pada saat membuka acara Pelaksanaan Verifikasi Lapangan Hibrid  (VLH) Evaluasi  Kota Layak Anak  tahun 2021 di Rumah Jabatan Walikota Samarinda pada Selasa (15/6/2021).

Dasar penyelenggarakan Kabupaten/Kota Layak Anak  (KLA) sesuai Undang-Undang  No.35 tahun 2014 tentang perubahan undang-undang 23/2002 tentang perlindungan anak.

“Dasar penyelenggarakan Kota Layak Anak sesuai UU nomor 35/2014 tentang perubahan UU 23/2002 tentang perlindungan anak menyebutkan bahawa pemerintah daerah  berkewajiban dna bertanggung jawab untuk melaksanakn dan mendukung program nasional.” ujar Drg.Endang

Sementara itu, arahan dari kemenrian Pemberdayaan Perempuan  dan perlindungan Anak (P3A) patah amal melalui virtual atau daring mengatakan, evaluasi Kota Layak Anak ini sempat tertunda yang seharunya dilakuakn pada tahun 2020, karena pandemi covid-19, sehingga baru bisa dilaksanakn tahun ini  yang juga masih dalam swasana pandemi.

Pada kesempatan yang sama panitia pelaksanan yang juga sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota samarinda Drg.Desy Evriyani menyebutkan tujuan dilaksanaknnya kegiatannya ini adalah untuk meningkatkan dna meyakinkan bahwa sebuah kota itu sudah melakuakn poembanguna pemenuhan hak anak.

“Yang bertujuan untuk meningkatkan dan meyakinkan bahwa sebuah kota itu sudah melakukan pembanguann pemenuhan dan pelrindungan anak dan ini sesuai dengan UU perlindungan anak.”ujar Desy

Kegiatan ini dilakukan di seluruh Indonesia  Kota Samarinda Kalimantan Timur kebagian melaksnakan di bulan Juni ini, namun sebelummnya telah dilakukan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Bontang, Kutim, paser dan selanjutnya setelah Kota Samarinda akan dilakukan di Kota Balikpapan dan Kubar.tegasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00