Maskapai Tidak Beroperasi, Penumpang Pesawat di Bandara APT Samarinda Kebingungan

KBRN, Samarinda : Selama larangan mudik Lebaran 1442 H beberapa maskapai penerbangan di Bandara APT Pranoto Samarinda memastikan menghentikan jadwal keberangkatan.

Di antaranya untuk Garuda Indonesia terhitung dari 1 hingga 31 Mei tidak ada jadwal penerbangan sama sekali. Sedangkan Citilink terhitung dari tanggal 6 hingga 17 Mei juga menghentikan aktivitas penerbangan.

Kepala UPT Bandara APT Pranoto Samarinda Agung Pracayanto Kamis (06/05/2021) mengatakan sementara maskapai Lion Air dari tanggal 12 hingga 17 Mei cancel flight atau membatalkan seluruh layanan penerbangan. 

"Kalau untuk Lion Grup tanggal 6 hingga 11 Mei pihak maskapai masih wait and see (menunggu)", kata Agung.

Sejumlah penumpang pesawat mengaku kebingungan dengan kebijakan ini karena ada beberapa yang telah membeli tiket.

"Ini mereka bingung. Mau pulang ke Kubar dan Berau ada larangan pulang antar Kabupaten. Yang Berau, pesawat dari Samarinda sudah dibatalin ngga terbang", kata Rahayu Kriswandini kepada RRI dengan nada bingung.

Menurutnya, penumpang diminta untuk melakukan reschedule atau refund.

"Ini masih bingung", katanya.

Bandara APT Pranoto Samarinda menerapkan pengetatan pemeriksaan calon penumpang menjelang arus mudik lebaran dengan membuat posko terpadu pengendalian larangan mudik. Masa peniadaan mudik dari tanggal 6 hingga 17 Mei dan masa pengetatan setelah mudik dari tanggal 18 hingga 24 Mei.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00