Tip Merawat Bunga Anggrek

KBRN, Samarinda: Anggrek adalah tanaman abadi yang selalu ada pengemarnya. Walau jaman berganti Anggrek tetap dicintai. Yang terpenting adalah kunci merawatnya sabar dan teliti.

Anggrek memiliki banyak jenis bunga yang beraneka bentuk dan warna, anggrek yang indah dapat menambah semarak keindahan di taman rumah.

Selain cantik dengan warnanya yang mencolok dan kelopak bunganya yang besar, beberapa jenis anggrek juga memiliki wangi yang sangat harum sehingga bisa menambah nyaman hunian.

Dilansir dari laman theaseanparent.com, penting untuk memilih media tanam yang cocok untuk tanaman anggrek agar bisa tumbuh subur : 

1. Pilih Media Tanam yang Cocok

Jika ingin menggunakan arang kayu, rebus arang terlebih dahulu dan pecah-pecah menjadi ukuran kecil sebelum dimasukkan ke dalam pot. Campurkan dengan pecahan batu bara steril dengan perbandingan 1: 2 dengan arang kayu.

2. Gunakan Pot yang Tepat

Selain memastikan anggrek ditanam di media tanam yang cocok, gunakan pula pot yang tepat. Beberapa jenis anggrek tidak bisa tumbuh dengan baik jika potnya tergenang air. Oleh karena itu, pastikan untuk menanam anggrek di pot yang memiliki lubang drainase memadai. Pot yang terbaik untuk anggrek adalah pot yang terbuat dari tanah liat berpori.

3. Letakkan di Tempat Lembap

Anggrek akan lebih subur jika ditanam di tempat yang sejuk dan lembap. Letakkan bunga anggrek di pinggir kolam ikan atau air mancur. Jika tak memiliki keduanya, pasang sprinkler otomatis di taman agar area sekitar anggrek tumbuh, tetap lembap dan tidak kering.

Jangan lupa untuk rutin membersihkan tanaman anggrek. Jaga agar potnya tetap bersih dari daun-daun kering dan sampah. Jika ada salah satu bunga yang layu atau sakit, segeralah potong agar tidak menulari bunga lainnya yang masih sehat.

4. Hindari Panas Berlebih

Anggrek dapat tumbuh dengan lebih baik jika berada di suhu yang tepat. Suhu yang baik untuk anggrek berkisar antara 15 derajat celcius hingga 20 derajat celcius. Buatlah ‘rumah’ anggrek untuk melindunginya dari sengatan matahari, namun juga mendapatkan cahaya yang cukup. Bisa  jadi menghamparkan  di atas tempat menanam anggrek agar tidak panas, namun juga tetap cukup mendapat cahaya. Selain itu, anggrek juga bisa ditanam di rumah kaca.

5. Siram Secara Rutin

Pastikan anggrek disiram secara rutin agar tidak layu. Namun, perlu diperhatikan bahwa anggrek cukup sensitif terhadap jumlah air yang diterimanya sehingga usahakan anggrek tidak tergenang oleh air dan jangan terlalu sering menyiramnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar