Tanda Tubuh Harus Mulai Mengatur Pola Makan

KBRN, Samarinda : Pola makan atau kebiasaan makan sehari-hari sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Semakin sehat makanan yang dikonsumsi, maka kesehatan tubuh semakin lebih baik.,begitu sebaliknya.  Mengutip dari  halodoc, berikut ini sejumlah tanda tubuh harus mengatur pola makan:

Mengidap Masalah Pencernaan

Tanda tubuh harus mengatur pola makan yang pertama adalah mengalami masalah pencernaan. Hal tersebut akan ditandai dengan sembelit yang akan memicu rasa sakit terus-menerus pada bagian perut. Jika sembelit tidak bisa diobati dengan mengonsumsi buah-buahan, mungkin salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah mengubah pola makan.

Hindari makanan cepat saji dan beralih pada makanan dengan kandungan tinggi serat dan nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, yoghurt, serta kacang-kacangan. Jika dikonsumsi secara rutin, beberapa jenis makanan tersebut dapat meredakan dan mengurangi masalah pada sistem pencernaan.

Mengidap Masalah Sirkulasi Darah

Mengidap masalah sirkulasi darah merupakan salah satu tanda tubuh harus mengatur pola makan. Kondisi ini biasanya dialami para pengidap diabetes yang memiliki kandungan gula tinggi dalam aliran darahnya. Pengidap kondisi ini diwajibkan untuk mengatur pola makan mereka. Jika tidak, maka akan berdampak buruk bagi sirkulasi darah dan memicu munculnya gejala varises.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan yang bersifat anti-inflamasi, seperti kelompok buah beri dan bawang-bawangan. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih, agar aliran darah lancar ke seluruh tubuh.

Kesulitan Mengingat dan Berkonsentrasi

Tanda tubuh harus mengatur pola makan selanjutnya adalah kesulitan untuk mengingat dan berkonsentrasi. Perlu disadari  bahwa pola makanan bukan hanya berpengaruh pada kesehatan fisik saja, tetapi juga kesehatan mental dan emosional. Agar memiliki otak yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi biji-bijian, ikan salmon, sayuran, serta kacang-kacangan.

Mengidap Tekanan Darah Tinggi

Makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat berpengaruh pada tekanan darah dalam tubuh. Jika salah konsumsi, tekanan darah dalam tubuh dapat meningkat secara drastis. Bisa dicegah dengan tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi atau makanan kemasan dengan kandungan tinggi natrium.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar