Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Orang Dewasa

KBRN, Samarinda: Badan Kesehatan Dunia (WHO) sejak 2018 lalu telah menetapkan adiksi game online sebagai salah satu bentuk gangguan mental dan disebut dengan istilah gaming disorder.

Gaming disorder ini termasuk dalam kategori kecanduan non zat atau kecanduan perilaku seperti hanya juga adiksi gawai, judi online, media sosial, dan pornografi.

Dilansir dari dosenpsikologi.com, prevalensi kecanduan game online di Indonesia diduga lebih tinggi dari sejumlah negara maju di Asia. Bahkan menurut lembar fakta yang dirilis oleh Entertainment Software Association (ESA), rata-rata gamer ternyata berusia 35 tahun. Data tersebut juga menunjukkan mayoritas, atau 29 persen gamer di seluruh dunia ternyata berusia 18 hingga 35 tahun, yang merupakan usia dewasa.

Cara mengatasi kecanduan game pada orang dewasa berikut ini perlu dilakukan jika tanda – tanda peringatan tersebut mulai terjadi:

1. Berniat kuat

Cara mengatasi kecanduan game pada orang dewasa tidak akan dapat dilakukan dengan benar apabila yang bersangkutan tidak mengakui masalahnya sendiri. Untuk dapat pulih dari kecanduan game, pelakunya harus mengakui dengan lapang dada bahwa dirinya memiliki masalah. Setelah proses pengakuan diri tersebut dilewati, maka niat yang kuat harus ditanamkan ke dalam diri untuk sembuh dan menjalani cara yang diperlukan untuk mengatasi kecanduan tersebut.

2. Mengenali pemicunyaAnda perlu mengenali pemicu yang membuat Anda bermain game secara berlebihan. Bermain game berlebihan seringkali merupakan bentuk pelarian diri akan masalah yang sedang dihadapi. Mencari penghiburan diri di kala stres memang suatu hal yang diperlukan, namun jika kegiatan bermain game tersebut menjadi suatu hal yang mulai berlebihan maka hal itu perlu diwaspadai. Ketika pemicunya sudah didapatkan, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencoba mengatasi masalah yang menjadi akar kecanduan game tersebut. Mengenali pemicu juga penting dalam cara mengatasi kecanduan seksual, cara mengatasi kecanduan internet dan untuk menangani gejala psikologi penggunaan zat adiktif.

3. Mengubah pola bermain

Cara mengatasi kecanduan game pada orang dewasa tidak mungkin dilakukan sekaligus, karena dengan durasi permainan yang panjang maka keseharian Anda akan menjadi kosong mendadak jika langsung dihentikan. Lakukan proses berhenti bermain secara bertahap. Atur jadwal kapan Anda akan online untuk bermain atau keperluan lain, dan kapan Anda akan memegang gadget untuk keperluan penting. Jangan melakukan permainan diluar jadwal yang sudah dibuat. Kurangi waktunya sedikit demi sedikit.

4.Tentukan waktu bermain yang pantas

Anda dapat menentukan waktu bermain yang spesifik untuk bermain games per harinya. Gunakan timer pada telepon genggam Anda untuk mengingatkan waktu bermain tersebut. Berhenti bermain ketika timer menunjukkan waktu sudah habis. Bermain game secara online juga membuat seseorang rentan mengalami dampak psikologis media sosial, dampak media sosial terhadap kesehatan mental, dan mengalami gangguan jiwa akibat sosial media.

5. Kurangi perangkat untuk bermain

Mungkin Anda memiliki banyak perangkat untuk bermain game dan biasa menggunakannya tanpa batasan, namun tidak akan pernah ada cukup waktu dalam sehari untuk dapat memainkan semuanya. Singkirkan perangkat bermain game Anda dan pertahankan satu jenis perangkat saja agar waktu dan pikiran Anda juga tidak selalu tertuju pada game di perangkat yang berbeda – beda. Hal ini akan membuat fokus pada satu perangkat atau konsol saja tanpa merasa perlu memainkan game di setiap alat dan sistem.

6.Batasi pengeluaran uang untuk game

Membatasi pengeluaran Anda untuk membeli game setiap bulan juga akan membantu untuk membatasi kecanduan Anda pada game tersebut. Kurangi dana yang Anda gunakan untuk membeli game hingga ke batas minimal, sehingga jumlah game yang dibeli pun berkurang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar