Perbedaan Roti Tawar dan Roti Gandum, Mana yang Lebih Baik?

KBRN, Samarinda: Roti, penganan itu kerap dijadikan menu sarapan pagi karena memiliki kandungan energi yang lebih banyak dan kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan nasi putih.

Selain itu roti juga dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu karena memiliki kandungan kalsium yang hampir sama.

Ketika memilih roti ada dua pilihan yang ditawarkan roti gandum  dan roti tawar. Apa perbedaan diantara keduanya? Dilansir idntimes, ada beberapa perbedaan roti tawar dan roti gandum.

Roti tawar adalah jenis roti yang paling banyak dikonsumsi. Roti ini terbuat dari tepung terigu yang mana bagian seratnya sudah dibuang terlebih dahulu, digiling dalam kurun waktu yang lama, sehingga warna roti menjadi putih. Berbeda dengan roti gandum yang terbuat dari tepung dengan kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat inilah yang membuat roti gandum berwarna kecokelatan dan bertekstur agak kasar dibandingkan roti tawar.

Baik roti tawar maupun roti gandum, keduanya memiliki kandungan karbohidrat. Akan tetapi, takaran karbohidrat pada roti tawar jauh lebih tinggi yaitu 175 kalori. Belum lagi ditambah dengan selai, mentega, dan meses yang membuat kandungan karbohidrat semakin besar.

Berbeda dengan roti gandum, dimana kandungan karbohidratnya hanya sebesar 138 kalori saja. Di dalamnya juga sudah terdapat berbagai kandungan nutrisi seperti protein, magnesium, fosfor, kalium, sodium, antioksidan, folat, dan berbagai vitamin.

Perbedaan yang juga tak kalah mencolok adalah harga jual masing-masing roti. Harga roti tawar cenderung lebih murah dibandingkan roti gandum. Perbedaan harganya bisa mencapai Rp5 ribu per bungkus roti atau malah lebih. Jadi tak heran kalau masyarakat di Indonesia lebih sering mengonsumsi roti tawar dibandingkan roti gandum.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar