Tips Menikmati Makanan Pedas Tanpa Sakit Perut

KBRN, Samarinda : Makanan pedas menjadi salah satu jenis makanan penggugah selera. Di Indonesia ada banyak kuliner tradisional yang memiliki cita rasa pedas dari Sabang sampai Merauke.  Apalagi sekarang, penikmat makanan pedas juga mendapatkan tawaran level kepedasan.

Aneka masakan balado, oseng mercon, atau aneka sambal menjadi menu yang sangat dinantikan penikmat pedas. Tapi  memang makanan pedas bisa mengganggu pencernaan. Untuk itu sebelum nenikmati  makanan pedas sebaiknya memperhatikan porsi yang akan dimakan, tidak berlebihan dan pastikan tubuh harus dalam keadaan fit. Dari laman lpkn berikut tips menikmati makan pedas tanpa sakit perut dan tetap sehat.

1.      Minum Susu atau Yogurt Sebelum Menyantap Makanan Pedas

Tips pertama bagi pembaca yang hobi melahap makanan pedas, minum susu atau yogurt terlebih dahulu. Bakteri baik dari yogurt atau susu sudah teruji mampu menetralisir perut yang menerima makanan pedas dalam porsi tertentu. Jadi anda tidak perlu khawatir bahwa diare, maag atau infeksi perut bisa muncul karena sudah pasti dinetralisir dengan produk makanan ini.

2.      Pastikan Mengisi Perut Beberapa Waktu Sebelumnya

Selain tips mengkonsumsi yogurt atau susu sebelum makan pedas dalam jumlah tertentu maka ada baiknya juga untuk memastikan perut dalam keadaan terisi beberapa waktu sebelum makan pedas. Jangan sampai mencoba makan pedas dengan perut yang belum sarapan atau terisi makanan. Perut yang kosong itu bisa memicu fluktuasi gas dalam lambung yang mengakibatkan nyeri. Fluktuasi yang terjadi inilah nantinya bisa memicu mag, asam lambung naik, diare atau gejala lainnya.

3.      Hindari Minuman Berkafein Saat Menyantap Makanan Pedas

Hindari  minum berkafein seperti teh atau kopi setelah menyantap makanan pedas. Kopi dan teh memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi yang mana bisa memperburuk efek pedas di perut atau mulut. Meski keduanya bisa diseduh dalam rasa manis namun pastikan untuk skip kedua minuman ini jika ingin makan pedas. Anda bisa memilih jenis minuman lain seperti air putih atau juice untuk menetralisir rasa pedas dimulut.

4.      Jangan Lupa Minum Air Putih

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup atau dalam temperatur hangat untuk meredakan rasa pedas diperut juga mulut seusai menyantap makanan pedas favorit anda. Cara ini cukup efektif jika tidak memiliki susu atau yogurt di tempat penyimpanan makanan anda.

5.      Jangan Lupakan  Nasi Sebagai Bagian Penting Menu Makan Pedas Anda

Jika ingin makan-makanan yang pedas maka pastikan untuk menyediakan nasi sebagai penunjang hidangan yang ada. Kandungan karbohidrat yang tinggi dari nasi akan menekan rasa pedas dari lauk yang dimakan bersamaan, apalagi nasi sendiri memiliki rasa manis dan kandungan glukosa di dalamnya.

6.      Konsumsi Coklat dalam Batas Wajar

Rasa coklat yang manis dengan kandungan kapsaisin yang mudah leleh dimulut bisa mengurangi rasa panas dan pedas usai makan lho. Anda yang suka pedas bisa menyediakan minuman seperti coklat hangat, coklat batangan atau permen coklat disamping meja. Gigit atau minum coklat setelah anda merasa sudah kepedesan, rasa manis dan kandungan coklat akan membantu untuk meredakan dan membuat rileks pencernaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar