Bahaya Sinar UV Bagi Mata

KBRN, Samarinda : Mata merupakan salah satu pancaindra yang berperan penting dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kesehatannya perlu dijaga, terutama dari berbagai hal yang dapat menyebabkan masalah pada penglihatan dan salah satunya adalah paparan sinar matahari.

Untuk itu penting melindungi mata dari sinar matahari langsung dengan menggunakan kacamata. Seperti halnya kacamata hitam yang memiliki manfaat begitu besar, yaitu melindungi mata dari bahaya sinar matahari dan mencegah penyakit mata.

Sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan. Namun, lain halnya saat siang hari. Sinar matahari pada tengah hari bisa memancarkan radiasi sinar ultraviolet yang lebih kuat, tepatnya pada pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore.

Radiasi sinar UV dapat membahayakan kesehatan mata. Nah, salah satu bentuk perlindungan terhadap bahaya sinar ini adalah menggunakan kacamata hitam.

Dilansir Alodokter, terdapat beberapa jenis penyakit akibat sinar UV bagi mata seperti berikut.

Katarak

Katarak merupakan gangguan yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau berkabut. Kondisi ini umumnya dialami oleh lansia, tetapi bukan berarti kondisi ini tidak dapat dialami oleh orang yang lebih muda.

Selain pandangan kabur, penderita katarak juga bisa mengalami gejala berupa penglihatan ganda, sensitif saat melihat cahaya, dan sulit melihat jelas pada malam hari.

Pterygium

Kondisi ini ditandai dengan adanya jaringan selaput kekuningan atau kemerahan yang tumbuh di bagian putih mata. Pada beberapa kasus, jaringan tersebut dapat tumbuh hingga ke bagian kornea dan memicu gangguan penglihatan.

Penyakit ini umumnya terjadi pada seseorang yang banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari atau tinggal di iklim hangat dan sering tidak memakai kacamata hitam.

Jaringan yang tumbuh ini memang tidak bersifat kanker, tetapi bila sampai menutupi kornea dan mengganggu penglihatan diperlukan langkah operasi untuk mengatasinya.

Fotokonjungtivitis dan fotokeratitis

Paparan sinar ultraviolet yang terjadi dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan kornea mengalami kerusakan berat atau terbakar. Kondisi ini disebut dengan fotokeratitis.

Seseorang yang terkena fotokeratitis akan mengalami gejala berupa pusing, mata nyeri dan terus-menerus berair.

Sementara itu, fotokonjungvitis adalah kondisi ketika konjungtiva mata mengalami peradangan setelah beberapa jam terpapar sinar matahari dan terkadang terasa menyakitkan.

Guna menghindari berbagai masalah mata tersebut, Pilihlah kacamata hitam dengan lensa berwarna gelap dengan kegelapan lensa yang merata. Namun, perlu Anda ingat bahwa lensa berwarna gelap tidak menjadi jaminan kacamata tersebut efektif menangkal sinar UV yang berbahaya.

Selain itu, pilihlah kacamata hitam berukuran besar. Semakin besar akan semakin baik, karena dapat mencegah sinar UV masuk ke mata dari samping.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar