Selain Memutihkan, Pepaya Bermanfaat Untuk Mengencangkan Wajah

KBRN, Samarinda : Papaya diketahui mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk membuat pepaya diperkirakan dapat menjadi pemutih kulit alami.

Vitamin C yang terkandung di dalam sebuah pepaya ukuran sedang dengan berat 150 gram adalah sebanyak 88,3 miligram atau setara dengan 157% dari rekomendasi asupan vitamin C harian, sedangkan pada jeruk  hanya terkandung sekitar 69,7 miligram. Bahkan, satu buah pepaya yang besar dapat mengandung 235 mg vitamin C, lebih dari jumlah yang Anda butuhkan dalam sehari.

Dengan kandungan tersebut Vitamin C dianggap mampu membantu menghilangkan pigmentasi kulit termasuk memutihkan kulit leher dan ketiak. Adapun manfaat lain yang dimiliki papaya, yakni mengandung Vitamin A yang dianggap dapat mengatasi kerutan di wajah, jerawat, serta masalah kulit lainnya, termasuk kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Sejumlah pakar kulit beranggapan, dengan beragam kandungan vitamin di dalamnya, pepaya diperkirakan dapat digunakan sebagai pencerah, pengencang, dan pemutih kulit alami. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dengan perawatan memakai pepaya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah berikut ini:

  • Haluskan satu potong buah pepaya, kemudian peras untuk diambil airnya. Basahi kapas dengan air pepaya, oleskan ke bagian wajah, leher, dan dada. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.
  • Campur ¼ cangkir pepaya matang, ¼ cangkir madu, 2 sendok teh oatmeal, ¼ cangkir cokelat, dan 2 sendok teh susu hingga rata. Oleskan masker campuran tersebut ke wajah Anda dan diamkan selama 10 menit, Terakhir, basuh wajah dengan air hangat hingga bersih.
  • Campur ¼ cangkir pepaya yang telah dihaluskan dengan 1 sendok teh air perasan nanas. Kemudian balurkan ke wajah dan leher selama 15 hingga 20 menit. Jika wajah terasa gatal, itu tandanya masker sedang bekerja. Setelah 20 menit, bilas wajah hingga bersih.

Selain dengan cara manual seperti di atas, Anda juga bisa mendapatkan manfaat pepaya untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit dengan menggunakan sabun papaya. Namun, pastikan Anda menggunakan produk yang sudah memiliki izin BPOM.

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar