Cara Mengatasi Bunga Es Pada Kulkas Anda

KBRN, Samarinda : Sering menemui bunga es saat membuka pintu kulkas di rumah Anda? Baik kulkas 1 pintu ataupun kulkas dengan freezer kerap didatangi oleh kemunculan tumpukan es bertekstur halus dengan warna putih ini. Umumnya tumpukan bunga es ini akan semakin menebal sehingga sangat mengganggu penggunaan ruang kulkas hingga bisa berpotensi merusak kulkas rumah Anda.

Apa Penyebab Bunga Es Pada Kulkas ?

Salah satu penyebab bunga es pada kulkas 1 pintu adalah karena frekuensi buka tutup pada pintu kulkas. Saat pintu dibuka maka udara hangat akan masuk sehingga kadar uap di dalam kulkas bertambah dan membentuk tumpukan bunga es. Memasukkan benda panas atau hangat ke dalam kulkas juga berpotensi untuk pembentukan bunga es pada kulkas 1 pintu.

Pada kulkas 1 pintu biasanya tidak terdapat fungsi defrost seperti layaknya kulkas 2 pintu, sehingga kemungkinan timbulnya bunga es pada kulkas 1 pintu lebih rentan dibanding dengan yang lain.

Jika Anda menemukan bunga es pada kulkas 2 pintu, maka ada kemungkinan beberapa komponen seperti kipas atau fungsi defrost tidak berfungsi sebagaimana mestinya.Usahakan untuk sering melakukan servis rutin untuk mencegah kerusakan tidak terdeteksi di kulkas Anda.

Dampak Negatif Bunga Es Pada Kulkas

Munculnya bunga es bukan saja mengganggu pemandangan, namun juga mengundang resiko lain seperti : Kesulitan pengambilan makanan karena ruang menjadi lebih sempit akibat munculnya bunga es di dalam, Bunga es bisa menutupi selang- selang atau komponen kulkas yang penting sehingga kulkas tidak dingin ataupun kerusakan lainnya. Makanan juga berpotensi lebih cepat rusak karena kinerja kulkas tidak semaksimal saat kondisi bersih dan terawat. Bunga es menjadi medium bakteri yang menempel saat pintu kulkas dibuka-tutup.

Cara mencegah Bunga Es Pada Kulkas

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah munculnya bunga es pada kulkas :

  1. Kurangi frekuensi membuka tutup pintu kulkas jika tidak dibutuhkan.
  2. Jangan memasukkan makanan atau minuman yang masih panas/ hangat ke dalam kulkas
  3. Jika Anda harus memasukkan benda panas/ hangat, bungkuslah terlebih dahulu dengan plastik supaya uap tidak langsung mengenai permukaan dalam kulkas.
  4. Jangan menyetel suhu kulkas terlalu dingin, aturlah sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membersihkan Bunga Es Di Kulkas

Untuk kulkas 2 pintu, Anda cukup menggunakan fungsi defrost yang tersedia di tombol atau setting kulkas. Kulkas lalu akan bekerja untuk mencairkan tumpukan bunga es dalam waktu 1-2 jam ke depan.

Sedangkan untuk kulkas 1 pintu, berikut adalah cara membersihkan bunga es pada kulkas Anda :

  1. Biarkan pintu kulkas Anda dalam posisi terbuka.
  2. Atur supaya suhu kulkas menjadi lebih tinggi atau tidak begitu dingin lagi dengan menyetel termostat yang ada.
  3. Jika Anda khawatir kualitas makanan akan memburuk karena kegiatan membersihkan bunga es, maka sediakan peti kemas dengan es sebagai tempat penyimpanan sementara.
  4. Gunakan handuk atau kain bersih yang telah direndam sebelumnya dengan air panas. Cairan bunga es akibat pintu kulkas yang terbuka dan suhu yang mulai memanas akan mulai mengalir, bersihkan dengan handuk tersebut.
  5. Ulangi langkah- langkah tersebut hingga bunga es mencair dengan sempurna. Anda tidak disarankan untuk menggerus permukaan bunga es dengan benda tajam ataupun tumpul karena dikhawatirkan bisa merusak bodi dalam kulkas.
  6. Jika ada bau tidak enak, gunakan penyerap bau kulkas atau baking soda untuk membasmi bau tak sedap tersebut.

Sama seperti menjaga kesehatan diri Anda, usahakan untuk rutin melakukan servis karena lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menjadwalkan servis rutin untuk seluruh perangkat rumah Anda demi menjaga daya tahan pakai serta kebersihan di rumah.  selamat mencoba!

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00