Pandemi Bikin Berat Badan Gampang Naik? Ini Pendapat Pakar

KBRN, Samarinda : Pandemi hampir membuat seluruh aktivitas fisik yang kita lakukan di luar dibatasi dan dialihkan menjadi Work From Home atau secara daring. Hal itu membuat, sebagian dari kita mungkin jarang bergerak karena terlalu lama duduk atau punya banyak waktu luang yang tidak dimanfaatkan untuk bergerak.

Lantas, apakah kenaikan berat badan selama WFH merupakan hal yang normal dialami setiap orang?

Dilansir detikcom Yulia Baltschun, pegiat fitness dan diet mengatakan bahwa normal atau tidaknya berat badan naik selama WFH tergantung pada masing-masing orang. Nyatanya, kenaikan berat badan bisa diminimalisir

"Jadi sebenarnya dibilang wajar atau enggak tergantung skenario juga ya aku nggak bisa pukul rata itu wajar atau engga, tapi sebenarnya bisa diminimalisir itu yang paling penting," ujar Yulia.

Menurut Yulia, setiap orang memiliki tanggung jawab terhadap dirinya masing-masing tanpa harus menyalahkan keadaan. Meski terjebak di dalam rumah, aktivitas fisik tidak terbatas pada olahraga ataupun kegiatan di luar rumah.

Kegiatan di dalam rumah, seperti menyikat kamar mandi, membersihkan dapur, hingga mengecat genteng juga merupakan aktivitas fisik.

"Jadi ketika kita bahas aktivitas fisik kan nggak selalu olahraga," kata Yulia.

Aktivitas fisik ini pun bisa disiasati atau dikombinasikan dengan olahraga agar tubuh kita lebih rajin bergerak saat WFH. Menurut Yulia, olahraga yang disarankan untuk pemula adalah olahraga yang menjadi hobi atau kesukaan Anda dan bisa dilakukan secara konsisten.

"Jadi sebenarnya kalau olahraga yang disarankan balik lagi karena ini fleksibel dan customize, sebenarnya bisa disesuaikan sesuai kesukaan masing-masing. Olahraga yang aku saranin adalah yang orangnya bisa lakuin dengan konsisten," pungkas Yulia.

Misalnya saja seseorang yang ogah atau malas berolahraga di gym, tetapi hobi olahraga badminton dan sering melakukannya bersama teman atau keluarga. Maka hal itu sangat disarankan. Olahraga tidak harus dilakukan di gym.

Yulia menegaskan kuncinya adalah konsisten. Jika mudah jenuh saat berolahraga, Yulia menyarankan untuk mengubah rutinitas olahraga dengan divariasikan atau dikombinasikan dengan aktivitas fisik lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00