Kinerja APBN akhir Juli 2022 di Situasi Ketidakpastian Global

KBRN Samarinda : Kamis, 11 agustus 2022 melalui kanal youtube Kementerian Keuangan, mengadakan Konferensi Pers APBN dengan tajuk APBN KiTa Agustus 2022. Konferensi pers ini membahas jalanya kinerja APBN dari januari – juli 2022.

Dalam pembukaan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Puspa Hapsari mengatakan, meskipun berada di tengah ketidakpastian ekonomi global, stabilitas keuangan domestik diperkirakan terus berlanjut. Pada konferensi pers ini akan dibahas konsistensi peran APBN yang bekerja keras untuk Indonesia.

Selanjutnya dalam paparan inti yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengatakan peranan keuangan negara melalui APBN berfungsi sebagai instrument penting untuk mencapai cita-cita nasional bangsa Indonesia, juga menjaga rakyat & perekonomian Indonesia dari berbagai guncangan-guncangan.

Saat ini resiko bergeser dari pandemi ke tekanan ekonomi global. Inflasi global melonjak, pengetatan likuiditas dan kenaikan suku bunga, potensi krisis utang global, potensi stagflasi merupakan sebuah kombinasi yang rumit dan berbahaya bagi perekonomian, tandas Sri Mulyani.

Maka dari itu pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan terus berupaya menjaga APBN dari berbagai ketidakpastian global.

Dalam tabel ringkasan postur realisasi APBN, pendapatan negara terakselarasi didukung semua komponen, belanja negara masih terus didorong dan dioptimalkan untuk mendukung peran APBN bagi masyarakat luas.

Terlihat APBN s/d 31 juli 2022 kembali mencatat surplus karena pendapatan negara tumbuh signifikan. Pendapatan negara tumbuh 50,3%, lebih tinggi dari bulan sebelumnya, didukung oleh tumbuhnya pendapatan dari semua komponen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar