Kembangkan Ekonomi Kreatif, Gekraf Kaltim Usul Perda Hingga Bentuk DPC

KBRN, Samarinda : Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Kalimantan Timur Aji Mirza Hakim meyakini dengan penetapan Ibu Kota Negara Nusantara di Kaltim saat ini dapat meningkatkan potensi ekonomi kreatif. Mengingat, Kaltim memiliki beragam seni dan budaya lokal yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar daerah.

Ditemui RRI di Aula SwissBell Hotel Samarinda Senin (4/7/2022) Aji Mirza Hakim mengatakan, perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah sebagai fasilitator pengembangan Ekraf di Bumi Etam melalui pembentukan Perda yang mengatur tentang ekonomi kreatif.

“Kami disini mencoba mendorong lewat anggota dewan kita harus ada Perda tentang ekonomi kreatif harus bias berkembang, pemerintah harus menjadi fasilitator untuk berkembangnya ekonomi kreatid di Kalimantan Timur” tutur Aji

Disampaikan Aji, terdapat 17 subsektor yang dapat mendongkrak ekonomi kreatif. diantaranya musik, seni, budaya local hingga UMKM.

Untuk itu kedepan pihaknya berencana akan membentuk Dewan Pimpinan Cabang Gekraf Kaltim diseluruh Kabupaten dan Kota untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki masing-masing wilayah.

“Program dari Gekraf sendiri, salah satu programnya kita akan membentuk DPC diseluruh Kabupaten Kota dan melihat potensi yang ada, dari situ kita akan adakan pelatihan, semua daerah punya potensi” kata Aji

Dalam kesempatan tersebut Aji menuturkan, banyaknya pelaku usaha ekonomi kreatif diharapkan mengetahui betapa pentingnya mempatenkan sebuah karya melalui Hak Cipta agar brand yang dilindungi dapat terjaga dengan baik dan tidak dapat di tiru orang lain yang menyebabkan kerugian materil.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar