DPRD Desak Pemprov Kaltim Segera Bahas APBD-P

KBRN, Samarinda : DPRD Kaltim meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur  untuk mempercepat pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2022 agar pengesahan anggaran perubahan tidak melewati jadwal. 

Hal itu disampaiakan Wakil Katua DPRD Kaltim Seno Aji usai rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Kaltim.

Ia mengatakan, sebelum dilakukan pembahasan anggaran, TAPD menjadwalkan pembahasan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) perubahan. Adapun penyerahan KUPA-PPAS, baru bisa dilakukan pada pertengahan Juli. 

“Jadi untuk guna  menghindari keterlambatan pengesahan, maka DPRD meminta pengesahan dipercepat. Kita tadi minta kepada TAPD, kalau bisa awal Agustus sudah dilakukan pengesahan, meski batas pengesahan APBD Perubahan 2022 pada 30 September,” kata Seno Aji. 

Menurutnya, belajar dari pengalaman 2021, meski pembahasan sudah sesuai jadwal, tapi kenyataanya APBD akhirnya disahkan melalui Pergub, karena telah melewati batas waktu. 

Kemudian, berdasarkan pengalaman inilah Anggota Banggar DPRD Kaltim meminta hal itu jangan sampai terulang kembali.

“Jadi kita meminta TAPD untuk bekerja ekstra sesuai dengan jadwal yang sudah ada,” tegas Seno Aji. 

Terkait berapa nilai APBD Perubahan tahun 2022, ia belum bisa memberikan jumlah pasti. Pasalnya, Banggar bersama TAPD masih harus menghitung sisa pendapatan, serapan anggaran dan berapa SILPA.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar