Kembangkan Potensi Pasar Industri Halal Melalui Kaltim Sharia Festival 2022

KBRN, Samarinda : Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur Ricky Perdana Gozali secara resmi membuka rangkaian kegiatan Kaltim Sharia Festival 2022 di Mahakam Exhibition, Big Mall Kota Samarinda pada 24 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Ricky P. Gozali menyampaikan bahwa potensi pasar industri halal dan ekonomi syariah di Indonesia sangatlah besar untuk dikembangkan. 

Bank Indonesia sendiri memiliki framework pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui tiga strategi utama yaitu penguatan ekonomi syariah, penguatan sektor keuangan syariah untuk pembiayaan serta penguatan riset, asesmen dan edukasi.

Kaltim Sharia Festival merupakan perwujudan dari tiga strategi utama tersebut untuk pengembangan ekonomi syariah di Provinsi Kalimantan Timur. 

Bank Indonesia juga terus berupaya memajukan ekonomi syariah melalui pengembangan kemandirian ekonomi pesantren, fasilitasi sertifikasi halal, pengembangan akses UMKM, dan rangkaian program flagship pengembangan ekonomi syariah skala internasional bernama Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

"Kita terus berupaya mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui rangkaian program yang sebelumnya telah dilaksanakan seperti Digital Kaltimpreneurs melalui program onboarding UMKM, serta Export Kaltimpreneurs melalui Training of Exporter (ToX) dan Business Matching. Selain itu, Kaltim Sharia Festival juga mengadakan beberapa webinar, perlombaan, dan pengembangan kapasitas bagi UMKM sektor food, fashion & craft," ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan opening ceremony tersebut Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kaltim, Ketua Harian Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kaltim, Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim, Kantor Kementerian Agama Wilayah Kaltim, Ketua Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (HEBITREN) Korwil Kaltim, Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Kaltim, sejumlah pemuka agama, serta pelaku usaha syariah di Kalimantan Timur. 

Kegiatan tersebut juga disemarakkan oleh kehadiran UMKM dan pesantren binaan Bank Indonesia dengan berbagai produk unggulannya dari sektor food, fashion & craft. Kaltim Sharia Festival yang diselenggarakan pada 24-26 Juni 2022 adalah sebagai dukungan terhadap kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Kawasan Timur Indonesia yang akan diselenggarakan di Sulawesi Selatan pada tanggal 28-30 Juli 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar