Curhat Dihadapan Sandiaga Uno, Ridho Slank Sebut Musisi Harus Kreatif Ditengah Pandemi

KBRN, Balikpapan - Musisi papan atas yakni Ridho Hafiedz atau yang akrab disapa Ridho Slank ini curhat dihadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, saat hadir di kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia di Plaza Balikpapan pada Selasa (30/11). 

Sang gitaris Slank itu mengeluhkan dampak pandemi yang sangat dirasa oleh seluruh musisi atau seniman di Indonesia. Ia mengatakan sejak awal pandemi musisi kehilangan panggung untuk menggelar konser. Padahal melalui konser tersebut mampu menghidupi kondisi ekonomi mereka dan tim.

"Kalau analisa saya, musisi atau seniman itu justru dampaknya awal sampai terakhir. Alasannya itu di awal pandemi namanya show itu pasti berhubungan dengan izin keramaian, sementara izin keramaian susah dikeluarkan untuk event musik," katanya dihadapan Sandiaga Uno dan para pengunjung.

Bahkan acara musik di televisi pun juga mulai berkurang lantaran penerapan pembatasan di seluruh daerah Indonesia. Sehingga para musisi hanya mengandalkan off air untuk bertahan.

"Sekarang kita hanya mengandalkan off air. Nah kondisi seperti ini sangat menghantam industri musik. Kalau ditanya Slank apakah kena juga, jawabannya iya," ujarnya.

Ridho dan kawan-kawannya bahkan pernah melakukan live concert melalui streaming, lantaran hanya itu satu-satunya pilihan agar bertahan saat pandemi. Namun pilihan live streaming juga tidak begitu baik dan banyak memiliki kekurangan.

"Kalau aku mengamati pasca lebaran tahun 2020 live streaming peminatnya turun. Kita belum terbiasa membeli tiket online. Slank juga bikin streaming di salah satu platform tiket berbayar, pembelinya cuma 450. Mungkin itu karena situasi. Ternyata beli tiket satu yang nonton 10 orang, bisa 20 orang," jelasnya.

Untuk itu para musisi dituntut agar bisa meningkatkan kreatifitas dalam masa pandemi ini. 

"Jadi akhirnya di pandemi ini sebetulnya ada good poinnya bahwa kita dihadapkan kreatifitas di masa pandemi ini ditantang. Jadi kita dituntut untuk kreatifitas, nah disinilah diuji seberapa kreatif kalian," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar