Batu Bara Tak Lagi Jadi Jaminan Ekonomi Kaltim Masa Depan

KBRN, Samarinda : Masa depan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur yang berkelanjutan dinilai akan menggeser sektor pertambangan dan beralih kepada keramahtamahan (hospitality) di sektor pariwisata dan industri yang bernilai tambah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltim Tutuk SH Cahyono mengatakan sebelum pandemi melanda, sumber devisa Kaltim dari sektor pariwisata berada di urutan nomor dua. Meskipun Batu Bara masih menduduki pertama dalam andi di perekonomian bumi etam.

“Sektor pertambangan dan penggalian tidak dapat menjadi tumpuan ekonomi Kaltim kedepan, dari Proyeksi yang pihaknya lakukan sektor pertambangan akan mengalami pertumbuhan yang stagnan,”sebut Tutuk.

Tutuk juga menuturkan, keberhasilan dunia untuk mengurangi konsumsi batu bara tergantung seberapa cepat kemampuan negara-negara itu menguasai teknologi EBT.

Kebutuhan energi yang terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah penduduk dunia diharapkan berkorelasi positif dengan ketersediaan energi, terlepas dari mana sumbernya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar