Kaltim Harus Transformasi Ekonomi

KBRN, Samarinda : Perekonomian Kalimantan Timur pada triwulan III tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 4,51 persen (yoy). Dari sisi produksi, Lapangan Usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 9,97 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 9,25 persen.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim Tutuk SH Cahyono menjelaskan ekonomi Kaltim triwulan III tahun ini tetap tumbuh positif dan tinggi tetapi melambat dibanding sebelumnya.

“Ekonomi Kaltim masih ditopang oleh sektor pertambangan yang tumbuh positif dan share yang besar ke ekonomi Kaltim. Walaupun, saat kondisi industri pengolahan dan perdagangan Kaltim mengalami penurunan,”Kata Tutuk.

Sementara itu, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Mahakam Samarinda M. Astri Yulidar Abbas menyebutkan, sektor penggalian dan pertambangan batu bara harus segera tergantikan yang menjadi pertumpuan ekonomi Kaltim.

Banyak sektor lain yang dapat menggantikan penggalian dan pertambangan untuk menumbuhkan ekonomi Kaltim. Sebab jika terlalu bergantungan pertambangan akan menyebabkan kondisi ekonomi stagnan di masa akan datang,”ungkap Astri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar