Upaya Penanggulangan Kebakaran Lahan Terus Dilakukan Disdamkar Samarinda

KBRN,Samarinda - Potensi kebakaran lahan masih ada di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda, H. Makmur Santoso kepada RRI mengatakan, untuk kasus kebakaran lahan masih terjadi di Kota Tepian. Untuk ditahun ini hanya 3 kasus kebakaran lahan yang terjadi beberapa diantaranya di Kecamatan Sambutan dan Palaran Samarinda.

Pihaknya pun dalam hal ini terus sigap dalam penanggulangannya dengan dibantu balakar serta lsm.

“Hanya tiga kali aja pak tapi tidak besar pak, tapi cepet kita atasi karna adanya balakar dan lsm yang bantu kita di sambutan dan dipalaran pak” kata Makmur

Jika ditahun ini hanya terjadi 3 kasus berbeda dengan 2020 lalu sudah terjadi belasan hektare lahan terbakar. Dari rentetan kasus yang ada disebabkan karna faktor kelalaian manusia yang melakukan pembakaran lahan dengan tidak diawasi.

Perbandingan pada tahun 2021 hingga pertengahan tahun memang tidak terjadi peningkatan, namun tetap harus diwaspadai.

Akhir-akhir ini pun kejadian kebakaran permukiman kerap terjadi berulang kali dalam rentang waktu sepekan terakhir. Pihaknya mencatat sudah 95 kasus yang terjadi di Kota Samarinda.

Guna menanggulangi kebakaran di samarinda Makmur pun mengaku pihaknya masih membutuhkan tambahan sdm dan fasilitas pendukung. Tidak hanya itu penyediaan Hydrant atau salular pipa di tiap tiap daerah pemukiman juga dibutuhkan agar dapat membantu proses pemadaman, terlebih di wilayah sempit yang sulit dijangkau kendaraan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00